Biografi Cristiano Ronaldo

Biografi Cristiano Ronaldo


Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro, OIH (Portugis: [kɾiʃˈtjɐnu ʁoˈnaɫdu] lahir di Funchal, Madeira, Portugal, 5 Februari 1985; umur 35 tahun) atau lebih dikenal Cristiano Ronaldo merupakan seorang pemain sepak bola Portugal. Ia dapat berposisi sebagai sayap kiri atau kanan serta penyerang tengah. Saat ini ia bermain untuk tim Italia, Juventus dan untuk tim nasional Portugal. Sebelum bermain untuk Real Madrid, ia pernah bermain di Sporting Lisboa dan Manchester United. Pemain yang kerap bernomor punggung 7 di lapangan hijau ini juga akrab dengan sebutan CR7, gabungan dari inisial nama dan nomor punggungnya.


Dia memakai nomor punggung 7 di United, yang sebelumnya dikenakan oleh Johnny Berry, George Best, Steve Coppell, Bryan Robson, Eric Cantona dan David Beckham. Setelah menghabiskan tahun pertamanya di Madrid mengenakan nomor punggung 9, ia mulai mengenakan nomor 7 lagi menyusul kepergian pemain legendaris Raul Gonzalez.


Segudang prestasi telah berhasil dia raih. Cristiano Ronaldo berhasil meraih gelar FIFA Ballon D’Or di bulan Januari 2015 lalu yang diadakan di markas FIFA Zurich, Swiss. Gelar FIFA Ballon D’Or ini merupakan penghargaan ketiga bagi Ronaldo, setelah sebelumnya pada tahun 2013 lalu dan 2008 ketika masih berseragam Manchester United.


Biodata


Nama : Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro


Lahir : Funchal, Portugal 5 Februari 1985


Posisi : Sayap Kiri/Kanan, Foward


Klub : Manchester United, Real Madrid (saat ini)


Nomor Punggung : 9


Biografi


Pemain yang saat ini merumput bersama Real Madrid ini telah tidak sedikit mendapatkan penghargaan serta aneka macam gelar pun ia torehkan bersama klubnya yang telah di sebutkan. Terlahir yang dengannya nama lengkap Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro, lahir pada tanggal 5 Februari 1985 di Funchal merupakan seorang pemain sepakbola berkebangsaan Portugal. anak dari Maria Dolores dos Santos Aveiro serta José Dinis Aveiro. Dia mempunyai kakak laki-laki bernama Hugo, serta dua kakak perempuan, Elma serta Liliana Cátia. Liliana Bekerja menjdai penyanyi yang dengannya nama panggung “Ronalda” di Portugal. Nama kedua yng diberikan kepada Cristiano (”Ronaldo”) relatif langka di Portugal. Era ini ia bemain di klub Real Madrid di posisi sayap kiri.


Cristiano sejak kecil adalah kesayangan keluarganya, dia selalu mendapatkan dukungan dari keluarganya dalam segala hal. Dia dikenal anak yng selalu ingin menang. Di sekolahnya dia menggemari sepak bola, dia selalu punya akal agar bisa bermain bola. Andai dia tak menemukan bola, maka ia akan membuat bola dari gulungan kaos kaki teman-temannya. Nominal gajinya di klub profesional pertamanya, Sporting Lisbon tak ada apa – apanya sebelum pindah ke Inggris. Kini ia bisa atau mampu menghasilkan 100 kali lipat gaji di Sporting Lisbon dalam satu pekan lantaran gajinya di Old Trafford mencapai 40 ribu euro (Rp 470 juta).


Ia mengawali karir internasionalnya yang dengannya membela tim nasional Portugal sejak tahun 2003. Cristiano Ronaldo mulai bermain sepakbola pada era usianya tiga tahun. Tim favoritnya disaat masih muda merupakan SL Benfica. Ia bermain bagi atau bisa juga dikatakan untuk pertama kalinya yang dengannya tim amatir, Andorinha, disaat usianya 8 tahun. Tahun 1995, reputasi Cristiano Ronaldo telah berkembang di Portugal. Dua tim sepakbola terkenal, CS Marítimo serta CD Nacional tertarik yang dengannya Cristiano Ronaldo. Marítimo, tim terbesar tertinggal mengadakan rapat yang dengannya manajer Andorinha, hasil nya Ronaldo masuk ke CD Nacional. Sesudah memperoleh juara di Nacional, Ronaldo pindah ke Sporting CP. Dua tim sepakbola terkenal, CS Marítimo serta CD Nacional tertarik yang dengannya Cristiano Ronaldo. Marítimo, tim terbesar tertinggal mengadakan rapat yang dengannya manajer Andorinha, hasil nya Ronaldo masuk ke CD Nacional. Sesudah memperoleh juara di Nacional, Ronaldo pindah ke Sporting CP. Ronaldo mengawali debut pertamanya bersama Sporting era melawan Moreirense serta menghasilkan skor dua gol. Ia pula menjadi fitur Portugal dalam kejuaraan UEFA Under 17.


Penampilannya di kejuaraan UEFA Under 17 membawa perhatian sepakbola dunia. Yng pertama kali melihat penampilan Ronaldo merupakan manajer Liverpool F.C, Gérard Houllier. Akan tetapi Liverpool menolaknya lantaran Ronaldo masih terlalu muda serta memerlukan waktu bagi atau bisa juga dikatakan untuk berkembang menjadi pemain sepakbola yng terkenal. Pada tahun 2003, Ronaldo mendapatkan perhatian dari Sir Alex Ferguson, disaat Sporting mengalahkan Manchester United yang dengannya skor 3-1 di inagurasi Alvalade XXI di stadium Lisbon. Ferguson memutuskan menginginkan pemain muda bagi atau bisa juga dikatakan untuk timnya, Ronaldo menandatangani kontrak yang dengannya harga £12.24 juta. Debut pertamanya yang dengannya Manchester United (MU) merupakan pada era melawan Bolton Wanderers di menit ke-60 di stadium Old Trafford yang dengannya kemenangan MU 4-0. Debut karir internasionalnya yakni pada bulan Agustus 2003 era Portugal melawan Kazakhstan. Di pembukaan Euro 2004, Portugal kalah dari Yunani yang dengannya hasil 2-1. Pada era semifinal melawan Belanda, Ronaldo menciptakan gol pertamanya yang dengannya hasil akhir 2-1 kemenangan bagi Portugal.


Ronaldo menghantarkan Portugal ke Olimpiade Musim Panas 2004, serta ia menjadi skor tertinggi nomor dua di Kualifikasi Piala Dunia FIFA di zona Eropa yang dengannya 7 gol. hingga tanggal 17 Juni 2005, skor Ronaldo merupakan 11 gol dalam 25 pertandingan bagi atau bisa juga dikatakan untuk Portugal. Dari itu saja level ke hidup-an Ronaldo telah meningkat dratis, padahal secara karir ia baru lahir ke dunia sepakbola selama tiga 1/2 tahun. Kalau tak digaet MU pada musim panas 2003, mungkin saja nasib pria setinggi 184 cm ini tak semisal saat ini. Ronaldo muda merupakan seorang pelari yng Amat cepat, pemilik kaki nan gesit, yng bisa atau mampu mengaduk-aduk bola hingga bikin mumet lawan-lawannya. Namun Ronaldo muda pula begitu narcis, serakah, serta egois. Kalau telah keasyikan, ia suka tidak ingat pada rekan-rekan setimnya. Akan tetapi Ronaldo pula mampu belajar, baik dari bertambahnya usia, pengalaman, serta didikan Fergie. Ronaldo yng saat ini merupakan Ronaldo yng telah lebih tahu bagaimana bermain bagi atau bisa juga dikatakan untuk tim. Yng tak berbeda merupakan Ronaldo yng saat ini tetaplah pelari yng Amat cepat, pemilik kaki nan gesit, empunya gocekan-gocekan hebat.


Suksesnya di dalam stadion pula sudah merambah ke luar lapangan. Yang dengannya wajah ganteng serta bodi yng seksi, lelaki bernama lengkap Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro itu mulai digila-gilai orang di seluruh dunia — lebih-lebih kaum hawa. Lantaran telah jadi milik publik, kerap mengikuti acara-acara publik, serta Suka dipublikasikan media, maka status selebritis telah disandang Ronaldo. Sahabat-teman serta ruang lingkup pergaulannya pun semakin dekat yang dengannya dunia entertainment. Gosip kedekatan Ronaldo yang dengannya beberapa aktris terus jadi santapan empuk tabloid-tabloid kuning. Ia pernah menjalin hubungan khusus yang dengannya presenter TV Spanyol Merche Romero, lalu model bernama Jordana Jardel. Belakangan ia sedang diisukan dekat yang dengannya bintang TV Inggris Gemma Atkinson, dan “mengincar” artis-artis “bening” lain semisal Roxanne McKee, Bryony Seth, Georgina Walkter, serta Ali Bastian.


Begitulah. Kehidupan Ronaldo — namanya diambil dari eks Presiden AS Ronald Reagen, lantaran sang ayah mengidolakannya menjdai aktor, bukan politisi — terus bergulir seiring yang dengannya waktu, yng akan membawanya entah ke mana suatu hari kelak. Mungkin di akhir musim ia menjadi semisal yng diprediksikan legenda MU Bryan Robson sewaktu bertandang ke Jakarta belum lama ini, bahwasanya ia berpeluang mencapai maupun meraih predikat Player of the Year. Ataupun lebih hebat lagi semisal ramalan Alex Ferguson, bahwasanya Ronaldo mampu menjadi pemain paling baik dunia.


Karir


Junior


Cristiano bergabung yang dengannya Andorinha (1993—1995), Nacional (1995—1997), serta Sporting Lisboa (1997—2001) pada masa junior.


Klub


Sporting Lisboa


Cristiano pernah bermain bagi atau bisa juga dikatakan untuk Sporting Lisboa pada 2001—2003 yang dengannya nomor punggung 28. Ia bermain 25 kali serta mencetak 3 gol. Pada pertengahan musim panas 2003, Sporting Lisboa mengadakan pertandingan persahabatan melawan Manchester United yang dengannya skor akhir Sporting 3-1 M.U., sebuah kekalahan yng mengejutkan bagi sebuah klub raksasa Inggris sekaliber Manchester United. Lebih jauh lagi kemenangan ini seluruh didalangi oleh permainan cemerlang dari Cristiano Ronaldo muda dari Sporting, membuat para pemain Manchester United mendesak Sir Alex Ferguson, pelatih orang-orang, bagi atau bisa juga dikatakan untuk segera merekrut pemain muda brilian yang telah di sebutkan.


Manchester United


Dari apa yng terlaksana sejak pertandingan persahabatan itu, Ronaldo pun didatangkan ke Manchester United. Sebelum ia bermain bagi atau bisa juga dikatakan untuk klub itu, Sir Alex Ferguson bertanya pada Ronaldo angka berapa nomor punggung yng diharapkannya. Cristiano Ronaldo menjawab 28, lantaran itu merupakan nomor favoritnya. Akan tetapi Sir Alex Ferguson bahkan mengatakan tak, mulai saat ini nomor punggungnya merupakan 7. Di Manchester United, penyandang nomor punggung 7 secara turun temurun merupakan pemain legendaris yng membawa Manchester United ke puncak kejayaannya, serta Sir Alex Ferguson memberikan nomor punggung keramat itu menjdai wujud penghargaannya kepada talenta brilian yng dimilikinya. Ia bermain 196 kali serta mencetak 84 gol. Real Madrid


Pada 1 Juli 2009, ia pindah ke Real Madrid, klubnya era ini, yang dengannya memecahkan rekor transfer sebesar 80 juta poundsterling, yng menjadikannya menjdai pemain termahal dalam sejarah sepak bola. Ia sudah bermain 81 kali serta mencetak 87 gol bagi atau bisa juga dikatakan untuk Real Madrid. Pada musim La Liga 2010/2011, Ronaldo mencatatkan dirinya menjdai pencetak gol terbanyak di La Liga dalam 1 musim, sejumlah 40 gol.


Internasional

    

Cristiano sudah bermain bagi atau bisa juga dikatakan untuk aneka macam tingkatan usia tim nasional Portugal, yakni U-17, U-20, U-21, serta U-23. Ia mulai dipanggil ke tim nasional Portugal sejak tahun 2003. Ia sudah bermain setidaknya 83 kali bagi atau bisa juga dikatakan untuk tim nasional senior, serta mencetak 29 gol. Ia salah satunya dalam skuat Portugal pada Piala Eropa 2004, Olimpiade Athena 2004, Piala Dunia 2006, Piala Eropa 2008, serta Piala Dunia 2010.


Prestasi


  • Liga Premier FA, Manchester United (2006 – 2007)
  • Piala FA, Manchester United (2004)
  • Piala Liga Sepakbola, Manchester United (2006)
  • Community Shield, Manchester United (2007)
  • Pemain Paling baik PFA 2007
  • Pemain Muda Paling baik PFA 2007
  • Pemain Favorit Paling baik PFA 2007
  • Tim Paling baik PFA Premiership (2005-2006,2006-2007)
  • Penghargaan dari Asosiasi Football Writers’ (2007)
  • Barclays Player of the Season (2006-2007)
  • Barclays Player of the Month (November 2006, Desember 2006)
  • PFA Fans’ Player of the Month (Oktober 2006, Februari 2007)
  • Pemain Paling baik Manchester United (2006-2007)
  • Pemain Paling baik Sir Matt Busby (2006-2007)
  • Pemain Paling baik Portugal (2007)


Referensi : Berbagai Sumber

Load comments