Biodata Ariel Noah, Biografi, Profil Lengkap, Umur, dan Agama

Biodata Ariel Noah, Biografi, Profil Lengkap, Umur, dan Agama


Sosok Ariel Noah memang selalu menjadi idola bagi masyarakat Tanah Air sejak dulu bahkan hingga kini. Meski dirinya adalah seorang duda pesona Ariel masih terus membius para wanita yang melihatnya. Berikut biodata dan profilnya.


Mengawali Karier bersama band-nya yang bernama Peterpan, Ariel mampu membawa dirinya dan teman-temannya menjadi dikenal publik dan memiliki banyak fans.


Meski kini sudah mengganti nama band-nya menjadi Noah, namun kariernya justru semakin baik dan juga makin cemerlang.


Nah penasaran kan dengan sosok Ariel Noah? Simak yuk biodata dan profil lengkap dari Ariel Noah yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber media untuk kamu.


Biodata Ariel Noah

Nama Lengkap : Nazril Irham
Nama Panggung : Ariel Noah
Nama Panggilan : Ariel
Tempat Lahir : Pangkalan Brandan, Langkat, Sumatera Utara
Tanggal Lahir : Rabu, 16 September 1981/td>
Agama : Islam
Kewarganegaraan : Indonesia
Profesi : Musisi, Penyanyi
Tahun Aktif : 2002 - Sekarang
Hobi : Menyanyi, Bermain Bola, Riding
Pasangan : -Sarah Amalia (2005-2008)
Anak : Alleia Anata
Ayah : Nazmul Irphan
Ibu : Darlina Darwis
Sosial Media : - Facebook : Ariel Noah
- Instagram : @arielnoah
- Twitter : @r_besar
Channel YouTube : Ariel Noah


Pendidikan Ariel Noah

  • TK Bungong Seulanga (1985-1987)
  • SD IV Merdeka (1987-1993)
  • SMP Negeri 14 Bandung (1993-1996)
  • SMA Negeri 23 Bandung (1996-2000)
  • S1 Arsitektur Universitas Parahyangan, Bandung (2000-2001, tidak selesai)


Biografi dan Profil Lengkap Ariel Noah

Nazril Irham atau lebih populer dikenal dengan nama Ariel Noah ini lahir di Pangkalan Brandan, Sumatra Utara pada 16 September 1981. Saat ini umur Ariel Noah 39 tahun. Ariel beragama Islam.



Ariel Noah adalah seorang musisi asal Indonesia yang merupakan vokalis dan penulis lagu utama dari grup musik fenomenal Peterpan yang kemudian berganti nama menjadi Noah. Rolling Stone Indonesia memasukkan Ariel ke daftar 50 Penyanyi Indonesia Terbaik dan 100 Pencipta Lagu Indonesia Terbaik mereka.


Ariel lahir dari pasangan Nazmul Irphan dan Darlina Darwis. Ariel adalah anak bungsu dari 3 bersaudara. Ayahnya merupakan seorang Minangkabau asal Bonjol yang bekerja sebagai pegawai lapangan di perusahaan minyak Pertamina. Sedangkan ibunya seorang Minangkabau yang berasal dari Padang, Sumatra Barat.


Karena berprofesi sebagai pegawai lapangan, sang ayah bekerja di lokasi yang berpindah-pindah. Tinggal di Pangkalan Brandan beberapa bulan, Ariel kecil dan keluarga harus pindah ke Kota Langsa di Aceh. Di Kota Langsa Ariel kecil mulai menuntut ilmu di Taman Kanak-Kanak (TK), yaitu di TK Bungong Seulanga (sejak tahun 2014 menjadi TK Kartika Jaya XIV-5 Kota Langsa). Di tempat ini Ariel tinggal di perumahan BTN Asamera Kota Langsa.


Setelah tinggal di Kota Langsa selama 7 tahun, Ariel sekeluarga pindah ke Bandung. Sebuah kota yang sudah dianggap Ariel sebagai “rumah”-nya sendiri. Sejak kecil Ariel telah memperlihatkan bakat besarnya dibidang seni, tapi bukan dibidang menyanyi. Justru bakat seni yang terlihat dari Ariel justru dibidang menggambar. Bahkan ia sempat menjuarai beberapa perlombaan menggambar di Bandung.


Lantaran karena hobi menggambar, Ariel sempat bercita-cita menjadi arsitek. Tapi di tengah perjalanan hidupnya, Ariel menemukan satu hobi baru yang diminatinya, yaitu bermain musik. Dari sinilah Ariel kemudian meniti karier sebagai penyanyi.


Kehidupan Pribadi Ariel Noah

Ariel pernah menikah dengan Sarah Amalia, namun saat ini mereka telah bercerai. Bersama Sarah, ia dikaruniai putri bernama Alleia Anata. Ariel resmi bercerai dengan Sarah pada 27 Mei 2008.




Perjalanan Karier Ariel Noah

Sejak kelas 1 SMP, Ariel telah intens membentuk grup musik band. Band pertama yang dibentuknya bernama Peppermint. Namun sayang, nasib band ini hanya bertahan 7 bulan saja. Lantas, Ariel kembali membuat band yang diberi nama dari Sliver, Cholesterol hingga Topi. Lagi-lagi sayangnya semua band tersebut bubar ditengah jalan.


Tetapi, Band yang bernama Topi lumayan berjasa untuk karier Ariel. Beberapa orang yang tergabung di Topi termasuk Ariel, sepakat membentuk band baru di Bandung pada tahun 2000. Sebuah band yang diberi nama Peterpan dengan formasi baru yaitu Ariel, Uki, Lukman, Reza, Andika dan Indra.



Bersama Peterpan, Ariel berupaya menembus kafe-kafe top di Bandung. Penampilan Peterpan di kafe Sapu Lidi yang atraktif plus vokal Ariel yang berkarakter diam-diam menarik minat Noey Jeje eks bassist Java Jive yang belakangan jadi produser untuk memasukkan lagu mereka dalam album kompilasi Kisah 2002 Malam. Lagu Mimpi Yang Sempurna yang termuat di album kompilasi itu sukses jadi modal Peterpan untuk menembus industri rekaman.


Tahun 2003, Peterpan merilis album Taman Langit. Album ini meledak. Salah satu faktor yang mendukung larisnya album ini adalah vokal Ariel dan kemampuannya mengolah lirik. Lirik-liriknya amat dalam dan mampu menyentuh dasar hati para pendengar.


Wajar jika nama Ariel semakin melambung. Posisinya sebagai frontman memungkinkannya menjelma jadi idola baru. Puncaknya, saat album Bintang di Surga dirilis pertengahan 2004 lalu. Ariel benar-benar jadi pujaan pencinta musik Indonesia dari Sabang sampai Merauke.


Kini grup musik Peterpan yang dipimpin Ariel ini telah berganti nama menjadi Noah yang mampu melakukan perjalanan konser 2 benua 5 negara dalam satu hari dari Hongkong, Taiwan, Malaysia, Singapura sampai terakhir di Indonesia dan menyabet Rekor MURI dan banyak penghargaan sebagai grup band terbaik dan juga penghargaan langganan mereka yaitu Multi Platinum Award untuk album yang bertajuk "Seperti Seharusnya".


Di tengah banjir popularitas, Ariel sempat terganjal masalah. Ia digosipkan telah menghamili pacarnya, seorang gadis asal Semarang yang bernama Sarah Amalia. Gosip ini tak dapat dielakkan oleh Ariel. Belakangan, ia malah bersedia mengawini Lia untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Sebuah perkawinan yang dirahasiakan dari sorotan media.


Menikah di usia muda sempat membuat banyak orang ragu pada kelangsungan karier Ariel dan Peterpan. Keraguan itu jelas harus dijawab oleh Ariel. Caranya, apalagi kalo bukan terus berkarya dengan sepenuh hati. Terus menghasilkan lagu-lagu yang menghibur dan bisa dinikmati oleh pendengar musik Indonesia.


Selain sukses di dunia musik, Ariel juga membintangi sejumlah iklan seperti Sunsilk, Lux, Vaseline Men, Yamaha, XL, Maxtron, KakaoTalk, Vitamin Water, Sophie Paris dan TransVision. Ariel juga membintangi film layar lebar Sang Pemimpi, di mana Ariel memerankan tokoh Arai, seorang pemuda yang tak pernah berhenti bermimpi. Serta film Awal Semula yang menceritakan sejarah perjalanan karier grup musik Ariel dari bawah hingga kesuksesannya, dan juga menceritakan bagaimana kreativitas, visi, motivasi, kharisma dan kepemimpinan Ariel membangun Peterpan hingga Noah sampai sekarang.


Skandal video porno

Pada bulan Juni 2010, Ariel terlibat skandal rekaman video berisi adegan persetubuhan yang melibatkan dirinya dengan Luna Maya dan Cut Tari. Sidang Pengadilan Negeri Bandung, Jawa Barat akhirnya menjatuhkan hukuman penjara terhadap Ariel Peterpan selama 3 tahun 6 bulan, dan denda Rp. 250 juta. Dalam kasus tersebut, Luna Maya dan Cut Tari dijadikan saksi.


Setelah 2 tahun mendekam dipenjara, Ariel kemudian keluar dari penjara pada tahun 2012. Ariel dibebaskan dengan status bebas bersyarat karena berperilaku baik selama di penjara, ia hanya dikenakan wajib lapor.


Mengganti nama band Peterpan menjadi Noah

Setelah keluar, Ia bersama personil Peterpan lainnya (Uki, Lukman, Reza) plus David yang baru bergabung, kemudian Pada 2 Agustus 2012, mereka mengumumkan nama baru mereka, yaitu Noah. Noah sendiri berarti membuat nyaman, memberi ketenangan, dan panjang umur. Tidak hanya nama band-nya berganti, nama sebutan penggemar mereka juga berganti nama dengan menghilangkan embel-embel Peterpan.


Pada bulan yang sama, menggunakan nama baru, band ini merilis single “Separuh Aku”. dan buku “Kisah Lainnya”. Buku ini dijual di semua toko Kepustakaan Populer Gramedia dengan harga Rp. 65.000 + Bonus CD Audio Album Instrumental “Suara Lainnya”.



Pada September 2012, Noah merilis album studio bertajuk Seperti Seharusnya. Lagu andalan album ini adalah “Separuh Aku” dan “Hidup Untukmu Mati Tanpamu”. Penjualan album baru ini dilakukan melalui gerai KFC dan sudah terjual hingga 200 ribu keping selama tiga hari pertama penjualannya.


Pada 15-16 September 2012, Noah melakukan konser di Melbourne, Hong Kong, Kuala Lumpur, Singapura, dan berakhir di Jakarta. Setelah CD original album Seperti Seharusnya terjual 1 juta kopi dalam waktu 5 bulan setelah merilisnya, Noah mendapatkan penghargaan berupa plakat Multi platinum dari Musica Studios dan Swara Sangkar Emas. Lagu “Separuh Aku” merupakan soundtrack sebuah sinetron berjudul Separuh Aku. Band baru yang bernama NOAH ini kemudian semakin populer di tahun 2013.


Penghargaan Ariel Noah

  • Anugerah Musik Indonesia 2005 Kategori Pencipta Lagu Pop Terbaik
  • Johnny Andrean Awards 2010 Kategori The Best Hair Do for Male Singer
  • Inbox Awards 2012 Kategori Video Klip Paling Inbox
  • Insert Awards 2012 Kategori Sexiest Male Celebrity
  • Infotainment Awards 2013 Kategori Selebrita Pria Paling Memikat
  • SCTV Music Awards 2013 Kategori Vokalis Band Paling Ngetop
  • SCTV Music Awards 2014 Kategori Vokalis Band Paling Ngetop


Judul Lagu Ariel sebagai Peterpan

  • Taman Langit (2003)
  • Bintang di Surga (2004)
  • OST Alexandria (2005)
  • Hari Yang Cerah (2007)
  • Sebuah Nama Sebuah Cerita (2008)


Judul Lagu Sebagai Ariel, Uki, Lukman, Reza, David

  • Suara Lainnya (2012)


Judul Lagu Ariel sebagai Noah

  • Seperti Seharusnya (2012)
  • Second Chance (2014)
  • Sings Legends (2016)
  • Keterkaitan Keterikatan (2019)


Judul Singel Lagu Ariel di luar Noah

  • "Dara" (2011)
  • "Esok Kan Bahagia" (dengan D'Masiv, Giring, dan Momo) (2014)
  • "Kutunggu Kau Putus" (dengan Sheryl Sheinafia) (2015)
  • "Bright As The Sun" (sebagai bagian dari Energy18) (Lagu tema Asian Games 2018) (2017)
  • "Janger Persahabatan" (dengan NEV Plus dan Dea) (Lagu tema Asian Games 2018) (2018)
  • "Moshimo Mata Itsuka" (feat. Ariel Nidji) (2019)
  • "Menghapus Jejakmu" (dengan Bunga Citra Lestari) (2020)
  • "Cinta Yang Diam" (dengan Difki Khalif) (2021)


Nah itulah biodata dan profil lengkap dari Ariel Noah yang telah Riwayatmu himpun. Sudah semakin kenal dengan sosok Ariel Noah? Jika ada kesalahan mohon untuk memberikan koreksinya di kolom komentar yang tersedia di bawah artikel ini. Terimakasih.

Load comments
Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia