Biodata Ari Lasso, Biografi, Profil Lengkap, Umur dan Agama

Biodata Ari Lasso, Biografi, Profil Lengkap, Umur dan Agama


Pastinya sudah pada kenal dong dengan Ari Bernardus Lasso alias Ari Lasso? Berikut biodata dan profilnya.


Pemilik nama lengkap Ari Bernardus Lasso itu merupakan penyanyi legendaris yang lahir di Madiun pada 17 Januari 1973. Ari Lasso pertama kali aktif bermusik pada tahun 1991 saat bergabung dengan Dewa 19. Dari biodatanya, Ari Lasso beragama Kristen keturunan dari sang Ayah Bartholomeus Bernard Lasso dan Sang Ibu Sri Noerhida.


Ingin mengenal lebih jauh dengan penyanyi legendaris Ari Lasso? Yuk simak biodata dan profil lengkap Ari Lasso yang berhasil dihimpun oleh Riwayatmu.com berikut ini.


Biodata Ari Lasso

Nama Lengkap : Ari Bernardus Lasso
Nama Panggung : Ari Lasso
Nama Panggilan : Ari
Tempat Lahir : Madiun, Jawa Timur
Tanggal Lahir : Rabu, 17 Januari 1973
Agama : Kristen
Kewarganegaraan : Indonesia
Pendidikan : Universitas Airlangga
Profesi : Penyanyi
Tahun Aktif : 1991 - Sekarang
Pasangan : Vita Dessy (1999)
Anak : - Aura Rivanya Maharani
- Michael Bernard Lasso
- Audra Anandira Lasso
- Abraham Bernard Lasso
- Alessandra Lasso
Ayah : Bartholomeus Bernard Lasso
Ibu : Sri Noerhida
Sosial Media : Instagram : @ari_lasso
Channel YouTube : ARI LASSO TV


Biografi dan Profil Lengkap Ari Lasso

Ari Lasso atau yang mempunyai nama lengkap Ari Bernardus Lasso lahir di Madiun pada 17 Januari 1973. Saat ini umur Ari Lasso adalah 48 tahun. Ari Lasso merupakan anak dari pasangan Bartholomeus Bernard Lasso dan Sri Noerhida.


Ari Lasso merupakan penyanyi legendaris asal Indonesia. Pria berambut gondrong ini adalah mantan vokalis grup band legendaris Indonesia Dewa 19 (1991-1999) yang akhirnya ia keluar dan menjalani karier sebagai penyanyi solo.


Kehidupan Pribadi Ari Lasso

Ari menikah secara diam-diam dengan Vitta Dessy di Surabaya pada tanggal 8 Februari 1999. Hal tersebut terjadi karena Vitta sudah hamil di luar nikah. Pernikahan beda agama ini menjadi kontroversi. Anak pertama mereka, Aura Rivanya Maharani yang lahir pada tanggal 12 Maret 1999. Pasangan ini menikah sangat terlambat dan karena orang tua dari Dessy awalnya menentang pernikahan mereka karena perbedaan keyakinan.


Pada tanggal 26 Juni 2002 Dessy mengalami keguguran saat hamil anak kedua mereka, Michael Bernard Lasso, ketika ia hamil enam bulan. Tapi Ari dan Dessy kembali diberkati tiga orang anak, Audra Anandira Lasso (26 Juni 2003), Abraham Bernard Lasso (2005) dan Alessandra Lasso (21 Juli 2008).


Awal Karir Ari Lasso

Saat remaja Ari sekolah di SMA 2 Surabaya, bersama kawannya Juniarso yang menjadi drummer pertama Dewa 19 dan Piyu yang kelak menjadi gitaris PADI, membentuk sebuah band bernama Outsider Band. Sejak pertemuannya dengan personel Down Beat yang terdiri Dhani, Erwin dan Andra, ia merasa cocok sehingga mulai bermain musik bareng. Pertemanan mereka kemudian berlanjut dengan pembentukan band Dewa 19.


Band ini menjadi besar, dan hampir setiap album yang dikeluarkan terjual ratusan ribu kopi. Di tengah kesibukannya menjadi personel Dewa, Ari berhasil menyelesaikan studinya di Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.


Tetapi tampaknya Ari belum siap menjadi penyanyi terkenal sehingga terjerumus dalam narkoba. Keterlibatannya dengan narkoba sejak album ketiga akhirnya tidak bisa ditolerir Dhani dan personel Dewa 19 lainnya. Puncaknya perpecahan dengan dipecatnya Erwin, Wong Aksan dan akhirnya Ari dari Dewa 19.


Ari yang kemudian telah sadar kebiasaan mengonsumsi narkoba merugikannya sehingga berusaha meninggalkannya. Ia pun berhasil namun, sudah patah arang dengan Dewa 19 sehingga memutuskan berkarier solo.


Setelah resmi keluar dari Dewa, Ari mulai menggarap album solonya. Ari muncul kembali ke dunia hiburan, tampil duet bersama Melly Goeslaw, yang kemudian sukses besar di pasaran. Tahun 2001 Ari mengeluarkan album solo pertamanya Sendiri Dulu, yang juga sukses besar dengan tembang andalannya Misteri Ilahi. Di album ini ia dibantu oleh Bebi Romeo, Erwin Prasetya, Andra, Bimo, Bongky, Anto Hoed, Denny Chasmala, dan Andi Rianto.


Hubungannya dengan Dhani yang sempat tegang pun cair. Malah Dhani rela menyumbangkan dua lagunya Rahasia Perempuan dan Jika Aku Bukanlah Aku ke dalam album solo kedua Ari yang bertajuk Keseimbangan, yang berbuah respon baik dari penikmat musik Indonesia. Tahun 2003 ia kembali merilis album keduanya Keseimbangan. Pada album ini ia menggandeng musisi-musisi hebat seperti Ahmad Dhani, Piyu (Padi), Andra (Dewa), Bebi Romeo, Ricky FM, Marshal (Dr. PM).


Tahun 2004 ia merilis album ketiganya Kulihat, Kudengar, Kurasa, dimana salah satu lagunya menjadi sound track film layar lebar dengan judul sama, Mengejar Matahari. Ari mengeluarkan album keempatnya dengan tajuk “Selalu Ada” pada tahun 2006. Di album ini, lagu Cinta Terakhir menjadi andalannya. Di tahun 2007, Ari merilis album “The Best of” dengan salah satu lagunya, Aku dan Dirimu, di mana Ari duet bersama Bunga Citra Lestari.


Beberapa waktu lalu, Ari divonis dokter jika pita suaranya cepat rusak. Oleh karenanya Ari melakukan antisipasi dengan puasa bicara. Pita suara Ari cepat rusak bukan saat bernyanyi melainkan saat berbicara. Ari juga terpaksa ‘istirahat’ sejenak dari jadwal manggung selama 4 bulan. Namun pada gelaran acara Dji Sam Soe Urban Jazz Crossover yang diadakan di Medan, Bandung, Semarang dan Jakarta pada 1 Mei 2009 hingga 22 Mei 2009, Ari bakal tampil.


Penghargaan bergengsi

Karya Ari dan kawan-kawan banyak menerima penghargaan dalam ajang penghargaan yang bergensi. Salah satunya adalah AMI Award untuk lagu progresif terbaik dengan lagunya yang berjudul Jika Ft Melly Goeslaw. Di tahun 2002, ia mendapat penghargaan sebagai Artis Solo Pria Terbaik dalam ajang AMI Award.


Punya penyakit backpain

Ari Lasso sudah menginjak umur dimana dirinya tidak lagi muda. Dirinya juga mempunyai penyakit backpain sejak tahun 2015. Karena penyakit tersebut dirinya harus rawat jalan dan menjalani fisioterapi untuk kesembuhannya.


Mengalami Tumor Perut

Pada 19 Agustus 2021 lalu, Ari Lasso sempat mengabarkan bahwa dirinya menderita tumor perut melalui tayangan di vlog-nya. Gejala yang dialaminya adalah sakit perut akut dan itu dirasakan saat dirinya akan melakukan syuting video klip terbarunya. Ari Lasso sempat dirawat di rumah sakit selama tiga hari untuk diobservasi. Setelah hasilnya keluar, dokter mendiagnosis bahwa dirinya memiliki tumor di perut yang harus segera diangkat.


Diskografi Ari Lasso Bersama Dewa 19

  • Dewa 19 (1992)
  • Format Masa Depan (1994)
  • Terbaik Terbaik (1995)
  • Pandawa Lima (1997)
  • The Best of Dewa 19 (1999)


Diskografi Ari Lasso Album Solo

  • Sendiri Dulu (2001)
  • Keseimbangan (2003)
  • Kulihat, Kudengar, Kurasa (2004)
  • Selalu Ada (2006)
  • The Best of Ari Lasso (2007)
  • Yang Terbaik (2012)
  • Single non-album
  • Huma di Atas Bukit (2009)
  • Kamu Egois (2014)
  • Aku Bukanlah Diriku (2015)
  • Dunia Maya (2016)
  • Tak Harus Sama (Indonesia Jaya) (2019)
  • Terlalu Berarti (2019)
  • Indonesia Pasti Bisa (ft. Andra Ramadhan) (2020)


Acara televisi Ari Lasso

  • Suara Indonesia (Trans TV, 2010-2011) sebagai juri
  • Indonesia's Got Talent (SCTV, 2014) sebagai juri
  • The Voice Indonesia (musim kedua) (RCTI, 2016) sebagai coach
  • Indonesian Idol (musim 9) (RCTI, 2017-2018) sebagai juri
  • Indonesian Idol (musim 10) (RCTI, 2019-2020) sebagai juri
  • Ari Lasso n Friends (Trans7, 2020-2021) sebagai presenter
  • ADA Show (Trans7, 2020-2021) sebagai presenter
  • Indonesian Idol (musim 11) (RCTI, 2020-2021) sebagai juri


Load comments
Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia