Biografi Khabib Nurmagomedov, Sang Petarung Muslim yang tak Terkalahkan

Biografi Khabib Nurmagomedov, Sang Petarung Muslim yang tak Terkalahkan


Khabib Nurmagomedov memutuskan untuk pensiun dari dunia tarung bebas MMA setelah mengalahkan Justin Fathje di Flash Forum Yas Island, Abu Dhabi UEA pada Minggu, 25 Oktober 2020 dini hari WIB. Keputusannya itu pun diambil karena ketaatannya kepada orang tua terutama Ibu nya. Iya, ia memutuskan untuk pensiun karena perintah dari ibunya.


Berikut profil dan biodata Khabib Nurmagomedov, sang petarung Muslim yang tak terkalahkan seperti dirangkum dari berbagai sumber.


Biodata Khabib Nurmagomedov (Хабиб Нурмагомедов)

Nama Lengkap : Khabib Abdulmanapovich Nurmagomedov
Nama Panggilan : Si Elang
Tempat Lahir : Sildi, Rusia
Tanggal Lahir : Selasa, 20 September 1988
Agama : Islam
Profesi : Seni bela diri campuran atau
Mixed Martial Arts (MMA)
Zodiac : Virgo
Pasangan : -
Ayah : Abdulmanap Nurmagomedov
Ibu : -


Kehidupan pribadi

Nurmagomedov menikah pada Juni 2013 dengan seorang istri yang tidak pernah terekspos. Ia memiliki seorang putri yang lahir 1 Juni 2015 dan seorang putra yang lahir 30 Desember 2017. Pria berusia 31 tahun ini adalah seorang Muslim Sunni yang taat.


Dia menguasai beberapa bahasa, termasuk Avar, Rusia, Inggris, Turki, dan Arab. Dia sering memakai topi papakha, bagian dari budaya Dagestani Avar, setelah bertanding dan selama perkenalan.


Ia telah berlatih bersama SC Bazarganova di Kizilyurt, Dagestan (2012), K-Dojo, Klub Pertarungan AMA di Fairfield, New Jersey (2012), Tim Pertarungan Mamishev di Saint Petersburg (2012), Tim Spirit Fight di Kolpino, St. Petersburg (2013), dan Tim KHK MMA di Bahrain (2015).


Pada tahun 2016, ia mendirikan timnya sendiri, "Tim Eagles MMA", dengan Ziyavudin Magomedov. Dia adalah penggemar Anzhi Makhachkala dan klub sepak bola Real Madrid serta tim sepak bola nasional Rusia.



Awal Karier

Khabib Nurmagomedov melakukan debut MMA profesionalnya pada September 2008 dan mendapatkan empat kemenangan dalam waktu kurang dari sebulan. Pada 11 Oktober, Nurmagomedov menjadi juara turnamen Piala Atrium perdana, setelah mengalahkan tiga lawannya di ajang Moskow.


Selama tiga tahun berikutnya ia tidak terkalahkan, mengalahkan 11 dari 12 lawannya. Termasuk saat menghadapi penantang gelar Bellator yang di unggulkan Shahbulat Shamhalaev, yang menandai debutnya M-1 Global.


Pada 2011, ia terus bersaing untuk promosi ke ProFC. Tahun itu saja dia berkompetisi dalam tujuh pertarungan, yang semuanya dimenangkan oleh TKO atau menyerah Rekor 16-0 yang sempurna di gelanggang regional Rusia dan Ukraina sudah cukup untuk mendapat panggilan dari UFC.


Pertandingan awal dan perebutan kejuaraan UFC

Pada akhir 2011, Nurmagomedov menandatangani perjanjian enam pertarungan untuk bersaing di divisi ringan UFC.


Dalam debutnya di UFC, pada 20 Januari 2012, di UFC FX 1, Nurmagomedov mengalahkan Kamal Shalorus dengan menyerah di babak ketiga.


Nurmagomedov selanjutnya mengalahkan Gleison Tibau pada 7 Juli 2012, di UFC 148 melalui keputusan juri.


Pertarungan Nurmagomedov berikutnya adalah melawan Thiago Tavares pada 19 Januari 2013, di UFC di FX 7. Dia menang KO di babak pertama.


Nurmagomedov mengalahkan Abel Trujillo pada 25 Mei 2013, di UFC 160 melalui keputusan juri. Pada saat penimbangan, Nurmagomedov masuk melebihi batas yang diizinkan, dengan bobot 158,5 lb. Dia diberi waktu dua jam untuk mengurangi berat badannya menjadi 156 pound, tetapi sebagai gantinya memilih Melawan Trujillo dengan catchweight. Dalam perjalanan pertarungan, Nurmagomedov mencetak rekor UFC baru untuk takedown terbanyak dalam satu pertarungan dengan 21 takedown sukses dari 27 upaya.


Dalam pertarungan UFC kelima, pada 21 September 2013, UFC 165, Nurmagomedov menghadapi Pat Healy. Dia memenangkan pertarungan melalui keputusan juri. Dalam konferensi pers pasca-acara pertamanya, presiden UFC Dana White memuji pendatang baru yang menyatakan, "Itu bantingan, ketika dia hanya menciduknya dan membantingnya, gaya Matt Hughes. Itu mengingatkan saya pada Matt Hughes di mana dia akan melintasi Octagon dan membantingnya. Anak itu menyenangkan. Kami mungkin akan melakukan hal-hal besar dengan anak ini. "


Pada bulan Desember, Nurmagomedov menantang Gilbert Melendez di media sosial, dengan keduanya kemudian diperkirakan akan berhadapan di UFC 170 pada 22 Februari 2014. Namun, pertarungan dibatalkan karena alasan yang tidak diungkapkan, dengan Melendez kemudian digantikan oleh Nate Diaz. Namun, pertandingan kembali dibatalkan karena Diaz menolak pertarungan. Nurmagomedov menyatakan kekecewaannya, muncul di The MMA Hour, "Jika mereka mengatakan bahwa mereka bersedia bertarung baik, mereka harus bertarung dengan baik. Jika mereka mau, saya akan menghadapi mereka berdua sekaligus di ring. "


Nurmagomedov selanjutnya menghadapi Rafael dos Anjos pada 19 April 2014, di UFC Fox 11. Dia memenangkan pertarungan melalui keputusan juri.


Nurmagomedov sempat dikaitkan dengan pertarungan dengan Donald Cerrone pada 27 September 2014, di UFC 178. Namun, pertandingan ini dibatalkan karena Nurmagomedov menderita cedera lutut. Dia kemudian akan menghadapi Donald Cerrone pada 23 Mei 2015, di UFC 187. Namun, Nurmagomedov menarik diri dari pertarungan pada 30 April karena cedera lutut yang berulang. Ia digantikan oleh John Makdessi.


Nurmagomedov diperkirakan akan menghadapi Tony Ferguson pada 11 Desember 2015, di The Ultimate Fighter 22 Finale. Namun, Nurmagomedov menarik diri dari pertarungan pada akhir Oktober, dengan alasan cedera lain, dan digantikan oleh Edson Barboza.


Pertandingan dengan Ferguson dijadwalkan kembali pada 16 April 2016, di UFC on Fox 19. Namun, pada 5 April, Ferguson mundur karena masalah paru - paru. Ferguson digantikan oleh pendatang baru promosi Darrell Horcher dengan berat badan 160 lb Nurmagomedov memenangkan pertarungan dengan TKO di babak kedua.


Pada bulan September, Nurmagomedov menandatangani dua kontrak melawan Juara bertahan UFC kelas ringan, Eddie Alvarez, pada UFC 205 atau UFC 206, Dana White mengonfirmasi pertarungan antara keduanya untuk UFC 205. Namun, pada 26 September, UFC mengumumkan bahwa Alvarez akan mempertahankan gelar melawan Conor McGregor. Nurmagomedov mengatakan ketidaksenangannya di media sosial, menyebut Alvarez sebagai "pembohonh" karena menolak pertarungan dan memilih untuk bertarung dengan McGregor sebagai gantinya, menuduh UFC sebagai "pertunjukan aneh".


Sebagai pengganti pertandingan, Nurmagomedov selanjutnya menghadapi Michael Johnson pada 12 November 2016, di UFC 205. Setelah goyah di babak pertama, Nurmagomedov kembali tenang dan mendominasi sisa pertarungan, menang dengan menyerah di babak ketiga.


Pertandingan dengan Ferguson dijadwalkan untuk ketiga kalinya di UFC 209 pada 4 Maret 2017, untuk Kejuaraan Ringan sementara. Namun, Nurmagomedov jatuh sakit karena penurunan berat badan yang gagal, dan pertarungan dibatalkan.


Nurmagomedov menghadapi Edson Barboza pada 30 Desember 2017, di UFC 219. Nurmagomedov mendominasi ketiga ronde pertarungan, mengalahkan Barboza berulang kali dan mendominasi pertarungan bawah dan pound. Dia memenangkan pertarungan dengan keputusan juri. Kemenangan ini juga membuatnya mendapatkan bonus Performance of the Night pertamanya.


Pertandingan Kejuaraan Ringan UFC

Pertarungan dengan Ferguson telah dijadwalkan untuk keempat kalinya dan diperkirakan akan berlangsung pada 7 April 2018, di UFC 223. Namun, pada 1 April 2018, dilaporkan bahwa Ferguson mengalami cedera lutut dan harus digantikan oleh Max Holloway.


Pada 6 April, Holloway ditarik dari pertarungan setelah Komisi Atletik Negara Bagian New York (NYSAC) menyatakan dia tidak layak untuk bersaing karena pemotongan berat yang ekstrim, dan digantikan oleh Al Iaquinta. Hanya Nurmagomedov yang memenuhi syarat untuk memenangkan kejuaraan, karena Iaquinta berbobot 0,2 pound di atas batas berat kejuaraan. Nurmagomedov mendominasi pertarungan, mengendalikan Iaquinta dari awal hingga akhir, dan menang melalui keputusan Juri dengan suara bulat untuk menjadi Juara Ringan UFC.


Nurmagomedov vs McGregor

Pada hari Jumat, 3 Agustus 2018, diumumkan bahwa Nurmagomedov akan mempertahankan gelar pertamanya untuk gelar UFC kelas ringan melawan Conor McGregor di UFC 229 pada 6 Oktober di Las Vegas. Pada acara tersebut, Nurmagomedov mengalahkan McGregor di babak keempat dengan menyerah.


Kejuaraan dan prestasi

Seni bela diri campuran

Ultimate Fighting Championship

  • Kejuaraan Kelas Ringan UFC (Satu kali, sekarang)
  • Mempertahankan gelar satu kali.
  • Juara UFC kelahiran Rusia yang pertama
  • Takedown terbanyak dalam satu pertarungan UFC ( UFC 160 : 21 takedown dalam 27 upaya; 3 putaran) vs. Abel Trujillo .
  • Penampilan terbaik malam ini (Satu kali: UFC 219 ) vs. Edson Barboza


Piala Atrium

  • Pemenang turnamen Atrium Cup 2008


M-1 Global

  • Tantangan M-1: seleksi 2009


Sherdog.com

  • Petarung terbaik Tahun Ini 2013.
  • Beatdown of the Year 2016 ( UFC 205 : vs. Michael Johnson ).
  • Fighter Terbaik Tahun Ini 2016


Fightbooth.com

  • 2013 Staredown of the Year ( UFC 160 : vs. Abel Trujillo )


MMAdna.nl

  • Penampilan terbaik tahun ini 2017 ( UFC 219 : vs. Edson Barboza )


Penghargaan MMA Dunia

  • International Fighter of the Year 2016.


Sambo

Federasi Sambo combat Dunia

  • Kejuaraan Sambo combat Dunia 2009 (−74 kg) Peraih Medali Emas
  • Piala Dunia 2010 di Combat Sambo (−82 kg) Peraih Medali Perak
  • Kejuaraan Sambo combat Dunia 2010 (−82 kg) Medali Emas


Federasi Sambo combat Rusia

  • Kejuaraan Sambo combat Rusia 2009 (−74 kg) Medali Emas


Federasi Sambo Rusia sekitar

  • Kejuaraan Nasional Sambo combat Rusia 21 (2010) (World Team Trials-FIAS)


Gulat

Kejuaraan Dunia NAGA

  • Juara Kelas Welter Pria No-Gi 2012
  • ADCC 2012, Juara Kelas Welter Kelas Berat Gi-Ahli


ARB (Army Hand-to-Hand Combat)

Persatuan Seni Bela Diri Rusia

  • Juara Eropa dari pertarungan tangan ke tangan.


Pankration

Federasi Pankrasi Internasional

  • Juara Pankrasi Eropa


Load comments
Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia