Biografi dan Profil Lengkap Kamala Harris, wakil presiden kulit hitam pertama di AS

Biografi dan Profil Lengkap Kamala Harris, wakil presiden kulit hitam pertama di AS


Sabtu, 7 November 2020 waktu setempat, suara elektoral pemilu presiden Amerika Serikat 2020 terkumpul. Hasil menunjukan pasangan Partai Demokrat mengumpulkan lebih dari 270 suara, tepatnya 290 suara electoral. Hal ini sekaligus menandakan kemenangan bagi Joe Biden.


Kamalla Harris dipilih Joe Biden untuk mendampinginya melenggang ke gedung putih sebagai wakil presiden Amerika Serikat. Lalu, siapakah Kamalla Harris itu? Untuk itu mari kita simak Biografi dan Profil Kamalla Harris berikut ini:


Biodata dan Profil Kamala Harris


Nama Lengkap : Kamala Devi Harris
Tempat Lahir : Oakland, California, AS
Tanggal Lahir : Selasa, 20 Oktober 1964
Profesi : - Pengacara,
- Politikus
Pasangan : Douglas Emhoff (k. 2014)
Anak : -
Situs Web : - Situs web Senat


Siapa Kamala Harris?

Kamala Devi Harris (/ˈkɑːmələ/ kah-mə-lə; lahir 20 Oktober 1964) adalah seorang pengacara dan politikus Amerika Serikat yang menjabat sebagai Senator Amerika Serikat junior untuk California sejak 2017. Seorang anggota Partai Demokrat, ia sebelumnya menjabat sebagai Jaksa Agung California ke-32 dari 2011 sampai 2017 dan sebagai Jaksa Distrik San Francisco. Pada 11 Agustus 2020, Joe Biden memilih Harris sebagai kandidat wakil presiden. Pada 7 November 2020, ia bersama Joe Biden menang dalam pemilihan umum. Harris akan menjadi keturunan India-Amerika, keturunan Afrika-Amerika, dan perempuan pertama dalam sejarah Amerika Serikat yang menduduki jabatan sebagai wakil presiden.


Kehidupan dan Masa Kecil Kamala Harris

Harris lahir di Oakland, California dengan nama Kamala Devi Harris pada tanggal 20 oktober 1964. Ia merupakan anak sulung dari dua bersaudara. Ibunya, Shyamala Gopalan, merupakan peneliti kanker dari India, sedangkan ayahnya, Donald Harris, merupakan ekonom asal Jamaika. Keduanya bertemu saat masih menjadi mahasiswa di Universitas California, Berkeley. Selain menjadi peneliti dengan gelar doktor dalam bidang nutrisi dan endokrinologi, Gopalan juga merupakan seorang aktivis hak-hak sipil. Saat pertama kali menginjakkan kaki di Amerika Serikat, Gopalan merasa menemukan keluarga di kalangan warga kulit hitam Bay Area. Aktivisme Gopalan turut membangun kesadaran politis Harris sejak usia muda.


Harris mengenyam pendidikan sarjana di Universitas Howard, perguruan tinggi yang memiliki sejarah sebagai kampus warga kulit hitam. Saat masih mahasiswa, ia juga menjadi anggota perkumpulan mahasiswa kulit hitam terkemuka, Alpha Kappa Alpha. Selama remaja, Harris sering mengunjungi India.


Awal Karier

Setelah diterima di State Bar of California pada tahun 1990, Harris memulai karirnya sebagai wakil jaksa wilayah di Alameda County. Dia menjadi pengacara pengelola Unit Kriminal Kareir di Kantor Kejaksaan Distrik San Francisco pada tahun 1998, dan pada tahun 2000 dia ditunjuk sebagai kepala Divisi Komunitas dan Lingkungan. Kala itu. dia mendirikan Biro Keadilan Anak pertama di negara bagian lho gaes.


Singkatnya, dia menjadi Jaksa Wilayah San Francisco pada tahun 2003 dan Jaksa Agung California pada November 2010. Lagi-lagi dia menjadi orang Afrika-Amerika pertama dan wanita pertama yang memegang posisi tersebut!


Pada November 2016, Harris dengan mudah mengalahkan anggota Kongres Loretta Sanchez untuk mendapatkan kursi Senat AS dari California, sehingga menjadi wanita Afrika-Amerika kedua dan orang Amerika Asia Selatan pertama yang masuk Senat.


Terpilih sebagai Wakil Presiden AS tahun 2020

Pada 21 Januari 2019, selama wawancara Martin Luther King Jr. Day di Good Morning America, Harris mengumumkan bahwa dia mencalonkan diri sebagai presiden pada tahun 2020. Harris menonjol sebagai salah satu pemain terbaik dalam debat primer pertama Partai Demokrat pada akhir Juni.


Pada 7 November 2020, empat hari setelah hari pemilihan, Biden dideklarasikan sebagai presiden terpilih ke-46. Ini membawa Harris sebagai wakil presiden wanita pertama dan orang kulit hitam pertama dan orang Amerika keturunan Asia yang memegang posisi tersebut.


*Dikutip dari berbagai sumber


Load comments
Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia