Biografi Joe Biden

Biografi Joe Biden


Hasil pemilu Amerika Serikat versi hitung cepat sedang berlangsung. Warga AS telah memberikan suara untuk memilih apakah petahana Presiden Donald Trump kembali akan menjabat pada periode kedua, atau digantikan dengan Joe Biden dari Partai Demokrat.


Seluruh dunia tengah menantikan hasil penghitungan suara Pilpres AS 2020 antara Donald Trump dan Joe Biden. Dari catatan data terakhir penghitungan suara yang dihimpun AP secara live, Trump berhasil mengumpulkan 214 suara elektoral dengan jumlah 68.593.329 pemilih. Di sisi lain Biden unggul dengan jumlah suara 72.055.975 dan suara elektoral mencapai 264. Biden hanya perlu mengumpulkan 6 suara lagi untuk keluar sebaga pemenang Pilpres AS 2020. Untuk itu, yuk, kita simak Biografi mengenai Joe Biden berikut ini:


Biodata dan Profil Joe Biden


Nama Lengkap : Joseph Robinette Biden Jr.
Tempat Lahir : Scranton, Pennsylvania
Tanggal Lahir : Jumat, 20 November 1942
Agama : Kristen
Profesi : - Pengacara,
- Politikus
Pasangan : - Neilia Hunter (Meninggal; m. 1966 – 1972)
- Jill Tracy Jacobs (menikah tahun 1977)
Anak : Joseph Biden III,
Robert Hunter Biden,
Naomi Christina Biden,
Ashley Blazer Biden
Situs Web : - Senate office
- VP campaign site
- Senate campaign site


Biografi Joe Biden

Joseph Robinette "Joe" Biden, Jr. (lahir di Scranton, Pennsylvania, 20 November 1942) adalah seorang Wakil Presiden Amerika Serikat, politikus dan pengacara Amerika Serikat dari Wilmington, Delaware. Ia adalah anggota Partai Demokrat dan Senator senior dari Delaware, saat ini dalam masa jabatan ke6. Ia pernah mencalonkan diri dalam pemilihan presiden 1988 dan 2008 namun mengundurkan diri dalam kedua-dua kesempatan tersebut. Pada 22 Agustus 2008, diumumkan bahwa Barack Obama telah memilih Biden sebagai pasangan bakal calon wakil presidennya dalam pemilihan presiden 2008.  


Biden dilahirkan di Scranton, Pennsylvania, dari keluarga Joseph R. Biden, Sr. dan Catherine Eugenia Finnegan. Ia anak sulung dari 4 bersaudara dan dibesarkan dengan agama Katolik Roma. Keluarga ini pindah ke Delaware ketika Joe Biden berusia 10 tahun. Pada 1961, ia lulus dari Archmere Academy di Claymont, dan pada 1965 dari University of Delaware di Newark. Ia kemudian meneruskan pendidikan ke Syracuse University College of Law, lulus pada 1968. 


Keluarga

Pada 1966 ia menikahi Neilia Hunter. Mereka dikaruniai 3 anak, Joseph R. III (Beau), Robert Hunter, dan Naomi. Istri dan anaknya yang masih bayi tewas dalam sebuah kecelakaan mobil saat mereka pergi berbelanja tidak lama setelah ia terpilih menjadi senator pada 1972. Kedua anak laki-lakinya juga menderita luka berat dalam kejadian tersebut. Biden kemudian harus membesarkan dua putranya yang masih kecil.


Dua anak laki-laki Biden tumbuh mengikuti ayahnya dalam bidang politik. Namun, saat sedang naik daun, salah satu anaknya bernama Beau Biden meninggal dunia di usia 46 tahun pada 2015, karena kanker otak. Biden kemudian menikah dengan istri keduanya, Jill Jacobs, pada 1977. Dia kemudian melahirkan Hunter dan Beau. Keluarga Biden juga memiliki seorang putri bernama Ashley, yang lahir pada 1981.


Kekayaan

Dia disebut sebagai 'Joe Kelas Menengah', tetapi Biden sebenarnya adalah seorang miliuner. Sejak Biden meninggalkan kantor publik, pendapatannya melonjak berkat penawaran buku dan tur publisitas yang menguntungkan. Biden dan istrinya menerima lebih dari US$15 juta menurut sebuah laporan.


Pada tahun yang sama, Forbes melaporkan bahwa kekayaan Biden termasuk dua rumah Delaware yang bernilai US$4 juta jika digabungkan, uang tunai dan investasi senilai lebih dari US$4 juta dan pensiun federal senilai lebih dari US$1 juta.


Pada laporan tahun 2016, terungkap Biden mempunyai aset keuangan bernilai lebih dari US$273 ribu, termasuk properti sewaan. Pada September 2020, Biden merilis pengembalian pajak 2019 yang menunjukkan bahwa ia dan istrinya membayar pajak lebih dari US$346 ribu dalam bentuk pajak federal dan pembayaran lainnya.


Kesehatan

Di usia 77 tahun, jika terpilih, Biden akan menjadi Presiden AS dengan usia tertua. Laporan menyebut Biden memiliki tinggi 180 sentimeter (cm) dan berat 80 kilogram (kg). Tekanan darahnya 128/84. Insiden kesehatan yang paling patut diperhatikan dalam riwayat medisnya adalah pendarahan intrakranial dari aneurisma otak pada 1998. Kondisinya saat itu sangat parah, sehingga seorang pendeta sampai dipanggil untuk memberi ucapan terakhir.

Seperti Trump, Biden tidak merokok dan tidak minum alkohol. Cemilan favoritnya adalah es krim.


Politik

Biden memasuki politik nasional di usia 29 tahun, dengan kemenangan mengejutkan Senat AS di Delaware pada 1972. Dia menjadi salah satu senator termuda dan menghabiskan lebih dari tiga dekade di majelis tinggi sebelum akhirnya menjadi wakil presiden di era Barack Obama selama 8 tahun.


*Dikutip dari berbagai sumber

Load comments
Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia