Perjalanan Karier Abdee Negara, Gitaris Slank yang jadi Komisaris Telkom

Perjalanan Karier Abdee Negara, Gitaris Slank yang jadi Komisaris Telkom


Artikel kali ini akan membahas mengenai sejumlah prestasi dan jejak karier Abdee Negara, gitaris band Slank yang kini menjadi Komisaris PT Telkom Indonesia Tbk (Persero).


Seperti yang kita ketahui, nama Slank kini tengah ramai menjadi perbincangan. Pasalnya, Menteri BUMN Erick Tohir telah mengangkat Abdee Negara sebagai komisaris.


Abdee Negara atau Abdi Negara Nurdin merupakan musisi asal Donggala, Sulawesi Tengah yang saat ini berusia 51 tahun. Sosoknya dikenal karena eksis menjadi gitaris band legendaris Tanah Air.


Namun tak hanya aktif dalam kegiatan band, gitaris kelahiran 28 Juni 1968 ini juga aktif dalam kegiatan politik lho!


Penasaran dengan sepak terjang dan sosoknya? Yuk simak jejak karier Abdee Negara, beserta biodata dan profilnya berdasarkan data yang dihimpun dari berbagai sumber berikut ini.


Biodata dan Profil Abdee Negara

Nama Lengkap : Abdi Negara Nurdin
Nama Panggung : Abdee Negara, Abdee Slank
Tempat Lahir : Donggala, Sulawesi Tengah
Tanggal Lahir : Jum'at, 28 Juni 1968
Kebangsaan : Indonesia
Agama : Islam
Profesi : Musisi, Presenter, Penyiar, Gitaris
Pasangan : Anita Desy Farida ( -2018)
Anak : Alanis Nurulizah
Ayah : Andi Cella Nurdin
Ibu : Andi Raden Nurdin Larauna
Sosial Media : - Instagram : @abdeenegara
- Twitter : @abdeenegara


Profil Abdee Slank

Abdee Negara atau lebih dikenal dengan sapaan Abdee Slank lahir di Donggala, Sulawesi Tengah pada tanggal 28 Juni 1968 merupakan gitaris berkebangsaan Indonesia. Selain itu dia juga tampil sebagai vokalis pendukung, penulis lagu dan produser.


Abdee salah satu gitaris Slank dengan gitaris lainnya, Ridho dan pernah bermain dengan gitaris nasional dan internasional lainnya, salah satunya Paul Gilbert. Selain Slank, band utamanya, Abdee juga memproduseri band Indonesia lainnya, Seurieus.


Sejak memulai karier musiknya, Abdee selalu bermain dan mempersembahkan gaya rock-blues. bahkan dia pernah bergabung dengan Band Enemest 1990 bersama Sandi (Pas Band). Pada 28 Mei 2021, dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Telkom, ia dilantik menjadi komisaris independen Telkom Indonesia.


Membangun Perusahaan Musik Bersama Selebriti Lainnya



Abdee Negara diketahui mendirikan sebuah perusahaan digital media musik bersama dengan Anang Hermansyah, Indra Herlambang dan lainnya.


Bernama importmusik.com yang merupakan perusahaan digital media musik pertama di Indonesia yang masih beroperasi sampai sekarang. Mereka juga masih membantu ribuan musisi independent Tanah Air lho!


Selain Co-Founder importmusik.com, Abdee Negara juga merupakan founder dari Maleo Musik yang merupakan sebuah record label.


Relawan Jokowi Sejak Pemilu 2014

Sejak tahun 2014, Abdee Negara aktif sebagai pendukung dan relawan kemenangan Jokowi sejak Pemilu 2014.


Dia juga membentuk dan memimpin tim kerja untuk pembentukan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bersama dengan Triawan Munaf sebagai Advisor pada 2015 sampai dengan 2019.



Triawan Munaf juga mengatakan bahwa ada banyak kegiatan Abdee Negara diluar musik yang jarang diketahui oleh publik.


"Banyak kegiatan Abdee yang memang jarang yang tahu, karena memang seperti yang sering dia katakan; 'saya sudah punya panggung Slank, untuk hal lain di balik layar saya'" kata Triawan Munaf.


Berikut sederet bisnis dan Jejak Karir Abdee Negara, gitaris Slank yang kini menjadi Komisaris Telkom:


Abdee Negara diketahui pernah menjadi Tim Pakar Ditjen HKI Kemenkumhan tahun 2013, Dewan Pengawas LMKN 2015 dan Anggota Badan Pengawas Pengelolaan Sampah Nasional Kementerian LHK 2016.


Pada tahun 2014, dia juga menjadi Ketua Gerakan Revolusi Mental (Inisiator Konser Salam 2 Jari) dan Keynote Speaker Asia Pacific Media Forum (APMF) setahun setelahnya.



Dalam cabang olahraga, Abdee Negara juga turut aktif menjadi CEO Celebs Football Club pada tahun 2015, Special Advisor Asian Games 2018 dan banyak lagi!


Nah, itu dia sederet bisnis dan jejak karir Abdee Negara, gitaris Slank yang kini menjadi Komisaris Telkom.

Load comments
Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia