Biodata Gibran Rakabuming, Biografi, Profil Lengkap, Agama, Keluarga dan Umur

Biodata Gibran Rakabuming, Biografi, Profil Lengkap, Agama, Keluarga dan Umur


Gibran Rakabuming dikenal publik sebagai putra pertama Presiden Jokowi sebelum akhirnya memiliki jabatan politiknya sendiri. Sejak satu tahun yang lalu dia telah menjadi Wali Kota Surakarta bersama wakilnya Teguh Prakoso.


Namun, di luar karier politis yang masih baru dikembangkan, dia juga diketahui bergelut di bidang bisnis. Nama mereknya adalah Markobar serta Chilli Pari dan keduanya sama-sama menawarkan kuliner.


Biodata Gibran Rakabuming

Nama Lengkap : Gibran Rakabuming Raka
Nama Terkenal : Gibran Rakabuming
Nama Panggilan : Gibran
Tempat Lahir : Surakarta, Jawa Tengah
Tanggal Lahir : Kamis, 1 Oktober 1987
Agama : Islam
Kewarganegaraan : Indonesia
Usia : 36 Tahun (2023)
Pendidikan : University of Technology Sydney
Profesi : Politisi, Pebisnis
Tahun Aktif : 2019 - Sekarang
Pasangan : Selvi Ananda
Anak : - Jan Ethes Srinarendra
- La Lembah Mana
Ayah : Joko Widodo
Ibu : Iriana
Saudara : - Kahiyang Ayu (adik)
- Kaesang Pangarep (adik)
Sosial Media : - Instagram : @gibran_rakabuming
- Tiktok : @gibran_rakabuming
- Twitter : @gibran_tweet


Biografi dan Profil Lengkap Gibran Rakabuming

Gibran Rakabuming Raka adalah seorang pengusaha dan politisi Indonesia yang menjabat sebagai Wali Kota Surakarta yang dilantik pada 26 Februari 2021. Gibran lahir di Surakarta, Jawa Tengah pada tanggal 1 Oktober 1987.


Terlahir sebagai putra sulung Joko Widodo dan Iriana. Gibran memiliki dua adik yang bernama Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangarep.


Pada 11 Juni 2015, Gibran menikahi mantan putri Solo yang bernama Selvi Ananda. Pada 10 Maret 2016, Selvi melahirkan seorang anak laki-laki yang dinamai Jan Ethes Srinarendra. Pada 15 November 2019, Gibran dan Selvi dikaruniai anak perempuan bernama La Lembah Manah.


Pendidikan Gibran Rakabuming

Sejak kecil Gibran menetap di Surakarta, tetapi saat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dirinya pindah ke Singapura untuk melanjutkan sekolah setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) pada tahun 2002 di Orchid Park Secondary School, Singapura.


Selanjutnya pada tahun 2007 Gibran lulus dari Management Development Institute of Singapore (MDIS) dan melanjutkan studinya ke program Insearch di University of Technology Sydney (UTS Insearch), Sydney, Australia hingga lulus pada tahun 2010. Ia menjabat sebagai ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJBI) Kota Solo.


Perjalanan Karir Gibran Rakabuming

Gibran Rakabuming mengawali perjalanannya di dunia kerja dengan berbisnis sebelum terjun ke politik. Misalnya, di tahun 2018 bersama rekan-rekannya, dia membangun aplikasi Kerjaholic, di mana mempertemukan para pekerja lepas dan part time dengan klien sesuai kebutuhan.


Satu tahun kemudian, tepatnya pada 9 Juni 2019 Gibran juga membuka kafe yang diberi label Mangkokku bersama adiknya Kaesang Pangarep, Chef Arnold Poernomo dan Randy Julius.


Barulah di tahun 2020, putra sulung Joko Widodo ini mencoba memperluas kariernya di ranah politik. Dia turut serta dalam pesta pemilu untuk Wali Kota Solo pada periode tersebut, tetapi mengalami kegagalan. Justru sebaliknya, dirinya dituding menerapkan praktik dinasti politik mengingat ayahnya masih menjabat sebagai presiden kala itu.


Tudingan tersebut dilemparkan kepadanya karena sebelumnya Gibran pernah sangat menolak eksistensi dinasti politik di tanah air. Sementara di sisi lain, dia juga tampak seolah memanfaatkan masa jabatan sang ayah sebagai presiden.


Kemudian, beralih dari Kota Solo, dirinya sekarang ini sedang memegang amanah jabatan sebagai Wali Kota Surakarta dan menggantikan F. X. Hadi Rudyatmo Ahyani. Kedudukan tersebut disematkan kepadanya sejak tahun 2021 lalu. Atas jabatannya, dia lantas mendapat gelar kehormatan berupa Kanjeng Pangeran Gibran Rakabuming Raka Widuronegoro.


Di luar kepemimpinannya yang baru berlangsung selama kurang lebih satu tahun, dia juga pernah tampil di beberapa sinema. Namun, perannya tidak lebih dari seorang cameo, misalnya dalam Yowis Ben 2 tahun 2019 di mana ayah Jan Ethes itu berperan sebagai karyawan magang Markobar. Sempat pula berperan pada Sesuai Aplikasi satu tahun sebelumnya untuk karakter Pemilik Markobar.


Tidak kalah penting, Gibran Rakabuming termasuk daftar tokoh publik yang aktif mengelola media sosial. Dia mempunyai YouTube, Instagram, TikTok, dan bahkan Facebook di mana biasanya menyertakan kontak pelaporan bagi masyarakat di bawah pemerintahannya.


Gelar kehormatan Gibran Rakabuming

  • Kanjeng Pangeran Gibran Rakabuming Raka Widuronegoro (2021) dari Kesunanan Surakarta Hadiningrat
  • Kanjeng Pangeran Haryo Gibran Rakabuming Raka (2023) dari Kadipatèn Mangkunagaran


Karir Gibran Rakabuming Raka

  • Ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJBI) Kota Solo
  • Pemilik Katering Chilli Pari
  • Pemilik Kafe Markobar
  • Pemilik Pastel (Pasta Buntel)
  • Pemilik Brand Minuman Goola
  • Pemilik Aplikasi Kerjaholic
  • Pemilik Icolor

Load comments