Biodata Anies Baswedan, Biografi, Profil Lengkap, Agama, Keluarga dan Umur

Biodata Anies Baswedan, Biografi, Profil Lengkap, Agama, Keluarga dan Umur


Anies Baswedan saat ini dikenal sebagai calon presiden Indonesia yang diusung oleh partai Nasdem. Ia juga pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Paramadina dan Menteri Pendidikan era presiden Joko Widodo. Ia terkenal sebagai praktisi pendidikan, akademisi serta politikus. Seperti apa profil lengkapnya? Simak artikel berikut ini.


Biodata Anies Baswedan

Nama Lengkap : Anies Rasyid Baswedan
Nama Terkenal : Anies Baswedan
Nama Panggilan : Anies
Tempat Lahir : Kuningan, Jawa Barat
Tanggal Lahir : Rabu, 7 Mei 1969
Agama : Islam
Kewarganegaraan : Indonesia
Usia : 54 Tahun (2023)
Profesi : Akademisi, Politisi
Tahun Aktif : 1995 - Sekarang
Pasangan : Fery Farhati Ganis
Anak : - Mutiara Annisa Baswedan
- Mikail Azizi Baswedan
- Kaisar Hakam Baswedan
- Ismail Hakim Baswedan
Ayah : Rasyid Baswedan
Ibu : Aliyah Rasyid
Saudara : - Abdillah Rasyid Baswedan
- Ridwan Rasyid Baswedan
Sosial Media : - Instagram : @aniesbaswedan
- Twitter : @aniesbaswedan
Situs Pribadi : Anies Baswedan


Biografi dan Profil Lengkap Anies Baswedan

Anies Baswedan lahir di Kuningan, Jawa Barat pada 7 Mei 1969. Ia terlahir di keluarga Akademisi. Ia merupakan anak pertama dari pasangan Drs. Rasyid Baswedan, S.U. yang bekerja sebagai Dosen Fakultas Ekonomi di Universitas Islam Indonesia dan Prof. Dr. Aliyah Rasyid, M.Pd. yang bekerja sebagai Guru besar dan Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Negeri Yogyakarta


Anies Baswedan merupakan cucu dari Abdurrachman Baswedan yang merupakan seorang pejuang pergerakan nasional yang pernah menjabat sebagai Menteri Penerangan pada masa awal kemerdekaan Indonesia. Anies memiliki saudara bernama Abdillah Rasyid Baswedan dan Ridwan Rasyid Baswedan. Ia juga merupakan sepupu dari Novel Baswedan yang merupakan penyidik di KPK.


Pendidikan Anies Baswedan



Anies mulai mengenyam bangku pendidikan pada umur 5 tahun. Saat itu, Anies bersekolah di TK Masjid Syuhada. Menginjak umur 6tahun, Anies masuk ke SD Percobaan 2, Yogyakarta. Setelah lulus SD, Anies diterima di SMP Negeri 5 Yogyakarta.


Kemudian ia melanjutkan pendidikannya di SMA Negeri 2 Yogyakarta. Di SMA, Ia aktif dalam OSIS sebagai wakil ketua OSIS. Ia mengikuti pelatihan kepemimpinan bersama tiga ratus orang Ketua OSIS se-Indonesia dan Ia terpilih menjadi Ketua Osis Se-Indonesia.


Kuliah di UGM dan Menyelesaikan Pendidikan Doktor di Amerika Serikat

Anies menjalani pendidikan di SMA selama 4 tahun antara tahun 1985 hingga 1989 sebab ia terpilih sebagai peserta dalam program AFS yaitu program pertukaran pelajar yang di diselenggarakan oleh Bina Antarbudaya, selama satu tahun di Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat (1987-1988).


Tamat dari SMA, Anies kemudian melanjutkan kuliahnya di Universitas Gajah Mada di Fakultas Ekonomi. Semasa kuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM) (1989-1995), Anies Baswedan aktif di gerakan mahasiswa seperti di HMI (Himpunan Mahasiswa Islam). Ia juga menjadi Ketua Umum Senat Mahasiswa UGM.


Sewaktu menjadi mahasiswa UGM, Anies mendapatkan beasiswa Japan Airlines Foundation untuk mengikuti kuliah musim panas bidang Asian Studies di Universitas Sophia di Tokyo, Jepang.


Setelah lulus kuliah di UGM pada 1995, Anies bekerja di Pusat Antar Universitas Studi Ekonomi di UGM. Selama bekerja di UGM, Anies mendapatkan beasiswa Fulbright untuk pendidikan Master Bidang International Security and Economic Policy di Universitas Maryland, College Park.


Sewaktu kuliah, dia dianugerahi William P. Cole III Fellow di Maryland School of Public Policy, ICF Scholarship, dan ASEAN Student Award.


Di tahun 2005, Anies menjadi peserta Gerald Maryanov Fellow di Departemen Ilmu Politik di Universitas Northern Illinois sehingga dapat menyelesaikan disertasinya tentang “Otonomi Daerah dan Pola Demokrasi di Indonesia”.


Ketika berada di Amerika Serikat, Anies aktif di dunia akademik dengan menulis sejumlah artikel dan menjadi pembicara dalam berbagai konferensi. Ia banyak menulis artikel mengenai desentralisasi, demokrasi, dan politik Islam di Indonesia.


Artikel jurnalnya yang berjudul “Political Islam: Present and Future Trajectory” dimuat di Asian Survey, sebuah jurnal yang diterbitkan oleh Universitas California.


Sementara, artikel Indonesian Politics in 2007: The Presidency, Local Elections and The Future of Democracy diterbitkan oleh BIES, Australian National University.


Kembali ke Indonesia, Anies bekerja sebagai National Advisor bidang desentralisasi dan otonomi daerah di Kemitraan bagi Pembaruan Tata Pemerintahan, Jakarta (2006-2007). Selain itu pernah juga menjadi peneliti utama di Lembaga Survei Indonesia (2005-2007).


Menjadi Rektor Universitas Paramadina

Pada 15 Mei 2007, Anies Baswedan dilantik menjadi rektor Universitas Paramadina. Saat itu, Ia menjadi rektor termuda di Indonesia karena ia baru berusia 38 tahun. Pada tahun 2008, Ia merintis Program Beasiswa di Universitas Paramadina bernama Paramadina Fellowship. Program ini mengadopsi konsep yang biasa digunakan di universitas di Amerika Utara dan Eropa dengan menyematkan nama sponsor sebagai predikat penerima beasiswa. Jika mahasiswa A mendapat beasiswa dari institusi B, di belakang nama mahasiswa dicantumkan nama sponsor, menjadi A, Paramadina, Institusi B Fellow.


Menjadi Menteri Pendidikan Republik Indonesia

Setelah Joko Widodo-Jusuf Kalla ditetapkan sebagai presiden dan wakil presiden Indonesia tahun 2014, Jokowi menunjuk Anies Baswedan sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Saat memimpin kementrian pendidikan, Anies Baswedan merombak organisasi di lingkup kementrian pendidikan seperti Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dipisahkan dan digabung dengan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.


Selain itu, Ia melakukan Pembenahan pada seleksi terbuka kemendikbud lalu melakukan distribusi Kartu Indonesia Pintar (KIP), membuat program sekolah aman serta mengimbau para orangtua mengantar anaknya sekolah pada tahun ajaran baru. Anies juga menerapkan kurikulum pendidikan terbaru dan menyebarkan guru berkualitas di semua wilayah agar merata serta melakukan reformasi ujian nasional.


Anies Baswedan menjabat sebagai menteri pendidikan dari tahun 2014 hingga pertengahan 2016. Setelah itu, ia digantikan Muhadjir Effendy.


Menjadi Gubernur DKI Jakarta

Setelah tidak menjabat menjadi menteri pendidikan, Anies Baswedan lalu diusung oleh partai Gerindra untuk maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta berpasangan dengan Sandiaga Uno sebagai calon wakil gubernur DKI Jakarta. Mereka kemudian terpilih sebagai Gubernur DKI Jakarta dan Wakil gubernur pada tahun 2017 mengalahkan pasangan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat dalam pilkada DKI Jakarta yang digelar sebanyak dua putaran.


Kandidat Calon Presiden Indonesia 2024

Pada tanggal 03 Oktober 2022, Partai Nasdem yang dipimpin oleh Surya Paloh mengumumkan memilih Anies Baswedan sebagai kandidat calon Presiden Indonesia pada pilpres 2024.


Prestasi Anies Baswedan

INDONESIA

  • The Golden Awards oleh Rakyat Merdeka - 19 Juni 2013
  • Dompet Dhuafa Award - 1 Juli 2013
  • Anugerah Hari Sastra Indonesia Kategori Tokoh Inspiratif - 3 Juli 2013
  • Anugerah Integritas Nasional oleh Komunitas Pengusaha, serta Kamar Dagang dan Industri Indonesia - Agustus 2013
  • Gubernur Terbaik untuk Pertumbuhan Ekonomi Inklusif - 2021


TANDA KEHORMATAN DALAM NEGERI

  • Abang oleh Badan Musyawarah Betawi - 2017
  • Pemuka Utama Budaya Betawi oleh Badan Musyawarah Betawi - 2021
  • Tokoh Persatuan Pembangunan oleh Dewan Pimpinan Wilayah Partai Persatuan Pembangunan Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta - 2022
  • Tuan Penata Negarou oleh masyarakat adat Tulang Bawang Barat, Lampung - 2022


PENGAKUAN LUAR NEGERI


Amerika Serikat

  • Gerald Maryanov Award oleh Departemen Ilmu Politik Universitas Northern Illinois - 2004
  • 100 Intelektual Publik Dunia oleh Foreign Policy - 2008
  • Forum Ekonomi Dunia Young Global Leaders - Februari 2009


Jepang

  • Nakasone Yasuhiro Award - 28 Juni 2010
  • 20 Tokoh Pembawa Perubahan Dunia oleh Foresight - April 2010


Singapura

  • Lee Kuan Yew Exchange Fellow - 14 September 2022


Turki

  • Education Award oleh The Association of Social and Economic Solidarity with Pacific Countries - 2010


Yordania

  • 500 Muslim Berpengaruh di Dunia oleh The Royal Islamic Strategic Studies Center - Juli 2010


Jadi itulah informasi mengenai Biodata dan Profil Lengkap Anies Baswedan Beserta Prestasinya. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan baru untuk para pembaca!

Load comments