Biografi Mendiang Sean Connery dari James Bond hingga Raih Gelar Kerajaan

Biografi Mendiang Sean Connery dari James Bond hingga Raih Gelar Kerajaan


Kabar duka kembali datang dari dunia hiburan, kini aktor senior pemeran James Bond, Sean Connery meninggal dunia. Ia disebut meninggal dalam tidurnya. Belum ada keterangan resmi yang mengungkap kematian Sean Connery. Kabarnya di akhir hayatnya, Sean Connery dalam kondisi tidak sehat.


Sean Connery meninggal dunia di usia 90 tahun. Bintang James Bond, itu punya sederet film yang mengangkat namanya. Tapi tentu saja yang paling membuatnya bangga adalah gelar yang disematkan Ratu Inggris Elizabeth II.


Untuk itu mari kita simak Biografi Sean Connery Pemeran James Bond berikut ini:


Masa muda

Thomas Sean Connery lahir di Fountainbridge, Edinburgh. Ia merupakan putra kedua dari Euphemia "Effie" (née Maclean), seorang ibu tukang cuci dan Joseph Connery, seorang pekerja pabrik dan sopir truk. Ayahnya merupakan seorang pemeluk Katolik Roma yang merupakan keturunan dari Irlandia, sementara ibunya adalah seorang pemeluk Protestan. Ia mempunyai kakak bernama Neil, yang sering memanggil Connery dengan nama tengahnya, yaitu Sean.


Pekerjaan pertamanya pada masa muda adalah sebaga pengantar susu di Edinburgh bersama koperasi St. Cuthbert's Co-operative Society. Kemudian ia bergabung dengan Royal Navy, tetapi belakangan ia dikeluarkan dari angkatan bersenjata karena mengalami beberapa cedera serius yang ia terima saat latihan. Ia lantas kembali ke koperasi tempat ia bekerja pertama kali, namun kali ini ia berkerja di bagian lain, yaitu sebagai sopir lori dan juga buruh. Ia juga kemudian menjadi model untuk Sekolah Tinggi Seni, dan juga menjadi seorang binaraga amatir.


Ketika Connery masih muda, ia sempat juga bermain sebagai pemain sepak bola semi-professional untuk Bonnyrigg Rose. Ia kemudian ditawari untuk berlatih bersama East Fife. Ketika sedang dalam tur bersama kru South Pacific, tim Connery lantas bertanding dengan sebuah tim sepak bola lokal, di mana secara tidak sengaja, manajer Manchester United saat itu Matt Busby menyaksikannya dan kemudian tertarik dengan gaya bermain Connery. Busby lantas menawari Connery kontrak senilai £25 setiap minggunya jika ia berminat bermain untuk MU. Connery kemudian dengan halus menolak tawaran Busby tersebut, dikarenakan ia lebih memilih berkarier sebagai aktor.


Pribadi dan keluarga

Connery menikah dengan aktris Diane Cilento dari 1962 sampai 1973. Pasangan ini dikaruniai seorang anak laki-laki yang kemudian menjadi aktor, Jason Connery. Setelah bercerai dengan Cilento di 1973, Connery lantas menikah lagi dengan pelukis Prancis Micheline Roquebrune (lahir 1929) pada tahun 1975.


Connery juga merupakan seorang pegolf amatir. Ia sempat memiliki Domaine de Terre Blanche di sebelah selatan Prancis dalam waktu duapuluh tahun (sejak 1979) di mana ia berencana untuk membangun sebuah lapangan golf impiannya di tanah seluas 300 hektare. Namun impiannya tersebut tidak terealisasikan sampai akhirnya ia memutuskan untuk menjualnya ke miliuner Jerman Dietmar Hopp di 1999.


Atas jasa-jasanya di bidang perfilman untuk negara Inggris Raya, Connery lantas dianugerahi gelar ksatria oleh Ratu Inggris pada bulan Juli 2000.


Politik

Connery merupakan anggota dari Partai Nasionalis Skotlandia, sebuah partai politik yang bertujuan untuk membawa Skotlandia keluar dari bagian Kerajaan Inggris, di mana Sean merupakan salah satu penyumbang dana tetap untuk partai tersebut dan sesekali ia pun tampil ke hadapan umum sebagai orator.


Dukungannya untuk partai tersebut dapat kita lihat dalam komentar di situs resmi Sean Connery:

"Ketika secara umum dukungannya pada kemerdekaan Skotlandia diterima, dan Partai Nasional Skotlandia menunda gelar ksatria-nya untuk beberapa tahun, komitmen Sir Sean untuk Skotlandia masih tetap menggelora. Politik di Inggris Raya jelas memiliki lebih banyak intrik dibandingkan sebuah plot film James Bond. Jika Skotlandia masih belum juga merdeka, maka mereka jelas tidak memiliki sebuah parlemen baru. Sir Sean mengkampanyekan dengan jelas pada Referendum Skotlandia 1997, di mana akhirnya menciptakan sebuah parlemen yang baru. Ia percaya bahwa dari parlemen yang baru itulah kelak, Skotlandia akan bangkit dan bisa menemukan jalan untuk merdeka secara penuh."


Karier film

Salah satu peran besar Connery pertama kali didapatkan dalam film Another Time, Another Place (1958). Tetapi teman dari Lala Turner, yaitu Johnny Stompanato, percaya bahwa antara Connery dan Turner memiliki hubungan khusus. Ia lantas mengancam Connery dengan pistol dan menyuruh agar Connery pergi untuk selama-lamanya dan jangan kembali lagi.


Tahun 1959 Connery mendarat di Darby O'Gill and the Little People. Ia lantas mendapatkan peran dalam serial TV Anna Karenina karya sutradara Rudolph Cartier untuk stasiun TV BBC, di mana ia berpartner bersama Claire Bloom.


James Bond

Connery kemudian menerima tawaran kontrak untuk memerankan agen rahasia James Bond. Ia bermain dalam tujuh film Bond: Dr. No (1962), From Russia With Love (1963), Goldfinger (1964), Thunderball (1965), You Only Live Twice (1967), Diamonds Are Forever (1971), dan Never Say Never Again (1983), di mana untuk yang terakhir ini sebetulnya adalah bukan film resmi dari EON Productions, tetapi saat ini film tersebut sudah dibeli hak profitnya oleh MGM Studios, induk perusahaan dari EON. Seluruh film Bond yang diperankan oleh Connery tercatat sukses di pasaran.


Pencipta James Bond, Ian Fleming mengomentari sang Bond tersebut dengan berkata: "Sebenarnya ia bukan tipe Bond yang saya harapkan" dan "Saya ingin mencari Bond lain yang lebih baik, asli Inggris, dan bukan seorang stunt-man", perkataannya ini merujuk pada tubuh Connery yang kekar, tinggi, dan berasal dari Skotlandia. Tetapi pacar Ian Fleming memiliki pendapat lain, ia berpendapat bahwa Connery mempunyai karisma seksual yang tinggi. Fleming lantas mengubah pikirannya setelah kesuksesan dari film Dr. No; ia kemudian menambahkan unsur setengah Skotlandia dan setengah Swiss pada novel James Bond berikutnya.


Dalam menghayati perannya sebagai Bond, Connery banyak mendapatkan masukan dari sutradara Terence Young, di mana ia mendapatkan banyak pelajaran berharga terutama untuk aksi laganya. Robert Cotton menulis dalam salah satu biografi Connery bahwa Lois Maxwell (Miss Moneypenny pertama) sempat menyatakan,


"Terence mengajarkan pada Sean beberapa kebiasaannya. Ia lantas membawanya dalam sebuah makan malam, menunjukan kepadanya gaya berbicara, gaya berjalan, dan cara makan." Cotton menambahkan, "Beberapa crew film 007 saat itu menanggap bahwa Connery merupakan perwujudan dari impian Terence Young, tetapi Young dan Connery tahu bahwa mereka masih dalam jalan yang benar sesuai skenario."


Tahun 2005, film From Russia With Love (1963) diadaptasi oleh Electronic Arts menjadi sebuah video game berjudul, James Bond 007: From Russia with Love, dengan fitur seluruh suara asli dari Sean Connery saat ia syuting film tersebut.


Di luar James Bond

Selain bermain sebagai James Bond, Connery juga membintangi beberapa film lain seperti karya sutradara Alfred Hitchcock berjudul Marnie (1964) dan Murder on the Orient Express (1974). Ia juga ikut bermain dalam The Man Who Would Be King dan The Wind and the Lion, yang dirilis tahun 1975, film lain yang juga membawa kesuksesan bagi Connery adalah Murder on the Orient Express (1974) dan A Bridge Too Far (1977).


Tahun 1981 Sean Connery muncul dalam film Time Bandits sebagai Agamemnon. Film ini kemudian menambahkan beberapa joke dari Michael Palin kedalam skenario, yang menggambarkan karakter "Sean Connery – atau seseorang yang salah tetapi lebih murah". Meskipun namanya muncul dalam skenario, Connery tidak berkeberatan, bahkan ia dengan senang hati bermain sebagai peran pembantu.


Setelah tampil dalam Never Say Never Again di 1983 dan terlibat dalam beberapa kasus yang menyebabkannya masuk pengadilan, Connery kemudian menjadi turun pamor dan nyaris tidak ada produser film yang mau memakai jasanya sebagai aktor selama hampir dua tahun.


Berawal dari sukses film produksi Eropa berjudul The Name of the Rose (1986), di mana ia secara mengejutkan memenangi BAFTA award, nama Connery mulai bangkit di jagat perfilman. Ia lantas menjadi peran pembantu di film Highlander di mana dalam film itu ia diceritakan menjadi seorang mentor bagi para juniornya. Kemudian berkat perannya dalam The Untouchables (1987), Connery akhirnya mampu meraih piala Oscar untuk kategori Pemeran Pembantu Terbaik.


Setelah sukses meraih piala Oscar, Connery lantas berturut-turut bermain dalam beberapa film, diantarnya yang paling utama adalah dalam Indiana Jones and the Last Crusade (1989), di mana ia bermain sebagai karakter utama, The Hunt for Red October (1990), The Russia House (1990), The Rock (1996), dan Entrapment (1999). Baik Last Crusade dan The Rock terinspirasikan dari aksi Connery saat menjadi Bond dulu. Steven Spielberg dan George Lucas kemudian menginginkan agar "the father of Indiana Jones" tetap ditangani oleh Connery sejak Bond secara langsung menginspirasi franchise serial Indiana Jones, di mana di sisi lain, karakter Connery dalam The Rock, John Patrick Mason, merupakan seorang agen rahasia Inggris yang dipenjara sejak 1960-an.


Di beberapa tahun terakhir, penampilan Connery di berbagai film diwarnai dengan beberapa penghargaan box office dan juga kritikan dari beberapa sineas, saalah satu contohnya First Knight (1995), The Avengers (1998), dan The League of Extraordinary Gentlemen (2003), ia juga kemudian mendapatkan beberapa penilaian positif, salah satunya adalah dalam Finding Forrester (2000). Ia kemudian mendapatkan Crystal Globe untuk kontribusi luasnya kepada perfilman dunia.


Akhir karier

Connery berujar dalam wawancara untuk film (yang dimasukan ke dalam rilis DVD) bahwa ia ditawari untuk bermain dalam serial The Matrix dan The Lord of the Rings, namun kemudian ia menolak tawaran tersebut karena tidak mengerti dengan jalan cerita kedua film tadi. CNN melaporkan bahwa Connery juga ditawari untuk bermain dalam Gandalf, di mana ia akan mendapatkan tambahan bonus 15% dari penghasilan box office di seluruh dunia, atau sekitar $400 juta untuk seri film ini. Setelah kedua film di atas laris di pasaran, Connery lantas menolak untuk bermain sebagai peran utama dalam League of Extraordinary Gentlemen, karena tidak terlalu tertarik. Bulan Juli 2005, dilaporkan bahwa Connery telah setuju untuk pensiun dari dunia perfilman dikarenakan Hollywood sekarang sudah banyak orang idiot yang membuat film asal-asalan.


Bulan September 2004 media melaporkan bahwa Connery akan mundur dari dunia film setelah ia keluar dari Josiah's Canon, yang rencananya akan dirilis tahun 2005. Tetapi di Desember 2004, saat diwawancara oleh harian The Scotsman di rumahnya di Bahamas, Connery menerangkan bahwa ia akan istirahat dulu dari karier akting karena ia ingin berkonsentrasi pada penulisan autobiografinya. Dalam acara Tartan Day di New York Maret 2006, Connery menegaskan bahwa ia telah benar-benar pensiun dari dunia film dan akan beralih profesi menjadi seorang penulis. Tanggal 25 Agustus 2008, di ulang tahunnya yang ke-78, Connery meluncurkan autobiografinya yang berjudul Being a Scot, yang dibantu penulisannya oleh Murray Grigor.


Ia sempat berencana untuk membintangi film dengan dana 80 juta dollar tentang Saladin dan Crusades, yang rencananya akan mengambil tempat syuting di Yordania, sebelum sang produser Moustapha Akkad tewas terbunuh akibat bom Amman 2005. Connery kemudian menerima American Film Institute's Lifetime Achievement Award pada tanggal 8 Juni 2006, di mana sekali lagi ia memutuskan untuk pensiun dari dunia perfilman. Tanggal 7 Juni 2007, ia menampik rumor bahwa ia akan tampil di film Indiana Jones keempat, dengan menyatakan bahwa ia sudah nyaman dengan keputusan pensiunnya.


Sean Connery lantas kembali ke dunia film, namun kali ini ia hanya bekerja sebagai pengisi suara dalam "Sir Billi the Vet", dan terakhir pada 2005 ia menerima tawaran untuk menjadi pengisi suara dalam video game James Bond: From Russia with Love.


Kematian

Sean Connery meninggal dunia pada usia 90 tahun ketika ia berada di Kepulauan Bahama pada tanggal 31 Oktober 2020. Sampai saat ini masih belum diketahui sebab wafatnya.


Sumber :

https://hot.detik.com/celeb/d-5236456/obituari-sean-connery-dari-james-bond-hingga-raih-gelar-kerajaan?single=1

https://id.wikipedia.org/wiki/Sean_Connery#cite_note-23

Load comments
Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia