Biografi Singkat YUI Yoshioka, Artis Jepang serba bisa

Biografi Singkat YUI Yoshioka, Artis Jepang serba bisa



Kali ini saya akan membahas tentang musisi penyanyi favorit saya YUI Yoshioka, saya pertama kali suka dengan dia saat saya menonton film yang diperankannya yaitu Taiyou No Uta (Midnight Sun), yang pemeran utamanya adalah YUI sendiri, film ini menceritakan seorang gadis yang memiliki penyakit Xeroderma Pigmentosum (Xp) dimana orang yang berpenyakit ini tidak boleh terkena sinar matahari. Filmnya lumayan seru mengisahkan seorang gadis yang mencintai seorang lelaki, dimana terjadi hal - hal yang unik karena tidak seperti kisah percintaan manusia normal. 


Disinilah saya mulai tahu lagu - lagu dari YUI yang ternyata juga digunakan sebagai Original Soundtrack dalam film ini. Contohnya adalah lagu Good Bye Days (album Can't Buy My Love) dan Skyline (album My Short Stories). Coba deh dengerin lagunya yang satu ini bagus dehh, apa lagi kalau abis liat filmnya, seperti dibawa lagi ke dalam cerita film itu. YUI berakting dengan bagus sehingga membut saya kagum haha, lagu lagunya juga bagus dan mungkin hampir semua lagu YUI adalah ciptaan YUI sendiri,hebat bukan? Itulah alasan saya menyukai seorang YUI Yoshioka. Untuk mari kita simak biografi singkat mengenai YUI.


Biodata YUI Yoshioka

Nama Lengkap : Yui Yoshioka
Nama Panggilan : YUI
Tempat Lahir : Fukuoka, Jepang
Tanggal Lahir : Kamis, 26 Maret 1987
Profesi : Penyanyi,
Pencipta lagu
Tahun Aktif : 2004 – sekarang
Zodiac : Aries
Shio : Kelinci
Tinggi Badan : 155 cm
Berat Badan : 45 kg
Hobby : Badminton,
Main Gitar,
Membaca
Tempat Favorit : Pantai Shingu
Golongan Darah : AB
Website Resmi : http://www.YUI-net.com


Yui atau ditulis YUI (lahir di Fukuoka, Prefektur Fukuoka, 26 Maret1987; nama Yui Yoshioka) adalah penyanyi wanita dan pencipta lagu asal Jepang. 


YUI memulai menulis lirik lagunya sendiri sewaktu di kelas 3 SMP. YUI sangat bercita-cita menjadi penyanyi, dan pergi ke mana-mana dengan selalu membawa gitarnya. Sewaktu SMA, ia sering menyaksikan pertunjukan grup musik bianco nero di jalanan, dan memutuskan untuk berhenti sekolah. YUI mulai belajar menyanyi, menulis lagu, dan memainkan gitar di kursus musik kota Fukuoka. Sambil bersila di atas kasur, YUI memainkan gitarnya dan menulis lagu pertama yang diberi judul "Why me". Setelah itu, ia mulai menyanyi di pinggir jalan di kawasan Tenjin, Fukuoka sebagai atraksi pembuka bagi teman satu tempat kursus musik.


Bulan Maret 2004, YUI mengikuti audisi "SD Audition" yang diadakan Sony Music Japan. Dari 20 ribu peserta hanya 10 orang yang tersisa termasuk YUI. Duduk menyilangkan kaki di lantai, YUI bernyanyi sambil memetik gitar. Lagu yang dibawakannya waktu itu sebanyak 3 buah lagu, "Why me", "It's happy line", dan "I know". Finalis hanya boleh membawakan 2 buah lagu menurut peraturan audisi, tapi juri memberikan nilai yang sangat tinggi bagi YUI. Setelah itu, berbagai perusahaan rekaman menjadi saling berebut untuk mengontraknya. Lagu pertama yang dinyanyikan, "Why me" nantinya dijadikan single perdana, diikuti dengan "It's happy line" dan "I know". Keduanya diterbitkan sebagai singel indie debutnya, "It's happy line" dengan lagu "I know" di sisi B.


Sebagai penghargaan kepada kampung halamannya, YUI menulis lagu "feel my soul" ketika meninggalkan kampung halamannya, Fukuoka. Seorang produser dari stasiun televisi Fuji TV mendengar video klip demo lagu tersebut, dan bermaksud menjadikannya sebagai lagu tema serial drama di Fuji TV. Debut singel YUI, "feel my soul" yang dirilis 23 Februari 2006 dijadikan lagu tema serial drama Fukigen na Gene. Serial drama tersebut dihiasi lagu-lagu YUI, seperti "feel my soul" dan "It's happy line". Singel "feel my soul" laku di atas 100 ribu keping, namun 3 singel berikutnya, "Tomorrow's way", "LIFE", dan "TOKYO" ternyata tidak sesukses "feel my soul". Setelah merilis 4 buah singel, album pertama YUI yang berjudul FROM ME TO YOU dirilis bulan Februari 2006 dan laku di atas 200 ribu keping.


Sementara itu, YUI memulai karier akting dengan membintangi film berjudul Midnight Sun (Taiyou no Uta). Film tersebut diputar di Festival Film Cannes 2006 dan dirilis di Jepang pada 17 Juni 2006. Singel ke-5, "Good-bye days" khusus ditulisnya untuk film Midnight Sun. Kepopuleran singel YUI yang sebelumnya kembali terangkat setelah singel ke-6, "I remember you" diedarkan. "Rolling star" adalah singel ke-7 YUI yang dijadikan lagu pembuka seri ke-5 anime Bleach. Singel ke-3, "LIFE" juga dipakai sebagai lagu penutup seri ke-5 anime yang sama. Selain itu, iklan televisi ponsel KDDI layanan "au Listen Mobile Service" memakai singel ke-8 Yui, "CHE.R.RY" sebagai lagu tema. Sementara itu, album kedua, CAN'T BUY MY LOVE menduduki puncak tangga album Oricon selama 2 minggu berturut-turut, dan laku lebih dari 500.000 keping.


Singel ke-9 berjudul "My Generation/Understand" dirilis 13 Juni 2007, sekaligus merupakan singel pertama YUI yang berbentuk double A-side (dua lagu unggulan di sisi A). My Generation menjadi lagu tema untuk serial drama Seito Shokun!, dan "Understand" menjadi lagu tema film Sidecar ni Inu. Singel ke-10, "LOVE & TRUTH", dirilis 26 September 2007, merupakan lagu tema dari film yang dibintangi oleh Erika Sawajiri, yang berjudul Closed Note. Singel ke-11 YUI berjudul "Namidairo" bernada gelap dan sedih. Sementara single ke 12 nya "SUMMER SONG" dirilis 2 Juli 2008 berhasil mencapai penjualan tertinggi di minggu pertama Oricon Chart.


Album kompilasi B-side pertamanya, MY SHORT STORIES dirilis akhir tahun dengan Hit Single berjudul "I'll be". Lagu ini dijadikan lagu iklan Sony Walkman di Jepang. Setelah peluncuran single ini, YUI memutuskan untuk istirahat beberapa bulan agar lebih fokus pada proyek tahun depan.


Pada 3 Juni 2009, Single terbaru YUI berjudul "again" diluncurkan. Lagu ini menjadi opening anime "Fullmetal Alchemist Brotherhood". "again" berhasil meraup penjualan sebanyak 110.000 copies di minggu pertama. Single ini akhirnya menjadi peringkat satu dalam penjualan minggu pertama paling tinggi pada 2009.


Single terbarunya, "GLORIA" dirilis awal tahun 2010 dengan nuansa musim dingin. Single ini kembali merajai Oricon Weekly Sales. Dengan ini, YUI berhasil memegang predikat empat single konsekutif (empat single terakhirnya menduduki puncak oricon berturut-turut).


Setelah hiatus selama kurang lebih 6 bulan


Hiatus berasal dari bahasa latin yang artinya gap atau celah. Apabila diartikan dalam Bahasa Indonesia, setara dengan celah atau renggangan. Hiatus bisa juga diartikan rehat sejenak, penundaan atau penanguhan, berpisah sementara atau maksud yang sejenis dengan kalimat tersebut.


Setelah hiatus selama kurang lebih 6 bulan, tiba-tiba ia muncul kembali bersama band barunya yang dinamai Flower Flower. Band yang beranggotakan empat orang ini juga sudah meluncurkan situs resmi serta akun twitter baru. Flower Flower rupanya menjadi salah satu batu loncatan terbaiknya untuk ke depan nanti. Video konser mereka diambil dari cuplikan Au PERFECT SYNC. LIVE yang diadakan pada 11 Juni 2013. Sedangkan untuk lagu yang dibawakan olehnya merupakan lagu beraliran pop dengan aroma rock berjudul Tsuki. Grup band Flower Flower sendiri terdiri dari Yui (vokal, gitar), Murajun (keyboard), Mafune (bass) dan Saji (drum). Kali ini Yui tampak berbeda


Galeri Foto YUI Yoshioka


Load comments
Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia