Sejarah Lengkap Arsenal FC

Sejarah Lengkap Arsenal FC


Arsenal didirikan di daerah Woolwich, bagian tenggara kota London pada 1886 dengan nama Dial Square, lalu dengan cepat berganti nama menjadi Royal Arsenal. Tahun 1891 nama mereka diganti menjadi Woolwich Arsenal. Pada tahun 1913, klub ini pindah ke wilayah utara, tepatnya di daerah Highbury dan membangun Stadion Highbury, yang menjadi markas baru mereka. Saat pindah lokasi itulah, nama depan klub mereka, yaitu Woolwich dihapus sehingga hanya nama Arsenal yang tersisa. Selain itu karena lokasi stadion Arsenal dekat dengan markas Tottenham Hotspur, maka tak heran jika pertandingan Arsenal vs Tottenham Hotspur disebut "North London derby" dan merupakan salah satu derby terpanas di London.


Kejayaan Arsenal di persepak bolaan Inggris pertama kali diawali oleh pelatih Herbert Chapman yang melatih pada rentang tahun 1925-35 dan berhasil menjuarai beberapa kompetisi domestik Inggris (Piala FA, titel Liga Utama, dan Charity Shield) sekaligus mendominasinya dan menjadikan Arsenal sebagai kekuatan paling dominan di Inggris saat itu. Pada rentang 1940an-1960an, Arsenal hanya dapat menambah sedikit koleksi gelar domestiknya. Pada awal 1970an, Arsenal berhasil prestasi terbaik Arsenal di Eropa pertama kali yang terjadi pada musim 1969-70, di ajang Fairs Cup (pendahulu dari Piala UEFA).


Arsenal menjadi juara untuk pertama kalinya dan sekaligus terakhir di ajang Fairs Cup (Fairs Cup diganti Piala UEFA sejak musim 1971-72) setelah berhasil mengalahkan klub R.S.C. Anderlecht dengan agregat 4-3 (dengan sistem home and away) Saat itu, klub ini dilatih oleh Bertie Mee. Sepanjang tahun 1980an, Arsenal berhasil menambah koleksi Arsenal dengan beberapa gelar domestik, tapi tidak dengan gelar dari kompetisi Eropa.


Di tahun 1991, Arsenal menjadi juara bersama dengan Tottenham di Community Shield setelah hasil kedudukan imbang 0-0 (saat itu, jika kedudukan seri maka kedua tim dianggap juara). Puasa Arsenal akan gelar dari kompetisi Eropa akhirnya hilang setelah pada musim 1993-94, ditangan pelatih George Graham, Arsenal kembali juara di kancah Eropa, tepatnya di ajang Piala Winners setelah mengalahkan klub Parma FC dengan skor 1-0. Pada musim berikutnya, Arsenal kembali berhasil ke final di ajang yang sama, tapi kali ini mereka dikalahkan oleh Real Zaragoza dengan skor 2-1.


Kedatangan pelatih Arsène Wenger ke Arsenal pada tahun 1996 berhasil membuat Arsenal kembali berjaya dan berhasil merusak dominasi Manchester United di Liga Utama Inggris pada saat itu. Arsenal pun dibawanya berhasil menjadi runner-up di ajang Piala UEFA pada tahun 2000 setelah melawan Galatasaray lewat adu penalti 4-1 setelah kedudukan imbang. Pada musim 2003-04 hingga awal musim 2004-05, Arsenal berhasil mencetak rekor 49 pertandingan tak terkalahkan dan mematahkan rekor milik Nottingham Forest F.C. (42 kali) yang merupakan rekor tak terkalahkan terpanjang di dalam sejarah sepak bola Inggris. Pada musim 2005-06, Arsenal kembali meraih prestasi di kancah Eropa dengan menjadi finalis Liga Champions setelah dikalahkan FC Barcelona 2-1 di Stade de France, Paris.


Arsène Wenger

Arsenal di masa kepelatihan Wenger mempunyai kebijakan yang bagus dalam pembinaan pemain-pemain muda yang tadinya tidak berkualitas maupun pemain berkualitas tapi kurang dikenal menjadi pemain yang mampu menunjukan telenta-talenta yang sangat luar biasa sekaligus diincar klub papan atas Eropa. Selain itu, Arsenal mempunyai kebijakan pemberian kontrak pada pemain yang telah berumur 30 tahun keatas, yaitu tidak lebih dari satu musim saja.


Pada Desember 2011 Arsenal merayakan ulang tahun yang ke 125 tahun semenjak klub itu berdiri pada tahun 1886. Perayaan tersebut dengan peresmian patung tiga legenda Arsenal yaitu Herbert Chapman,Tony Adams dan Thiery Henry. Perubahan juga terjadi dibagian logo klub London tersebut dengan penambahan kata Foward dan daun oak. Arsenal sendiri pada ulang tahun tersebut mengakhiri posisi di liga inggris diurutan ketiga dan strikernya Robin van Persie menjadi top skornya.


Sejarah Lengkap Arsenal dari tahun 1894 sampai sekarang

Sam Hollis Tahun 1894 - 1897

Sam Hollis ditunjuk 'Sekretaris-manajer' Arsenal pada tahun 1894. Ia menjadi sekretaris pertama untuk bertanggung jawab urusan tim. Sebelum penunjukannya sebagai manajer, tim telah dikelola oleh Komite pemain dan anggota klub. Hollis menghabiskan tiga tahun di klub saat klub bermain di divisi dua. Lalu ia pindah ke Bristol City pada musim panas tahun 1897.


Thomas Brown Mitchell Tahun 1897 - 1898

Thomas Brown Mitchell adalah manajer profesional pertama, bergabung dengan klub pada tahun 1897. Berasal dari Skotlandia dari kawasan Dumfries. Dia menghabiskan waktu kurang dari satu musim di Arsenal, dia berhasil untuk membawa klub melalui tiga babak kualifikasi Piala FA sebelum menyerah kepada Burnley di putaran pertama. Dia juga membawa klub ke peringkat lima di klasemen Liga, dengan jumlah 10 tim, sebelum mengundurkan diri pada Maret 1898. Mitchell kemudian bergabung bersama Blackburn, di mana ia meninggal pada Agustus 1921, diumur ke 78.


George Elcoat Tahun 1898 - 1899

George Elcoat, seperti pendahulunya Thomas Brown Mitchell, hanya menangani Arsenal untuk satu musim. Elcoat, yang berasal dari Stockton-on-Tees, menunjukkan preferensi yang kuat untuk pemain utara perbatasan seperti digambarkan oleh dia memiliki delapan Scotsman di timnya pertama pada satu tahap. Arsenal mengakhiri musim di peringkat ke tujuh di bawah kepemimpinannya, dengan jumlah 18 tim, itu setara dengan musim sebelumnya. Ia meninggal di Stockton-on-Tees pada tahun 1929, di usia 65.


Harry Bradshaw Tahun 1899 - 1904

Harry Bradshaw mengambil alih manajer dari George Elcoat dalam waktu lima tahun, dia telah mengubah nasib klub. Dianggap sebagai manajer pertama yang sukses bersama Arsenal, Bradshaw membangun reputasinya di Burnley dari 1891-1899 dan memiliki taktik yang cerdas, Arsenal menempati peringkat ke tiga selesai di Liga pada tahun 1902/03. Bradshaw hijrahke Fulham dan kemudian menjadi Sekretaris Southern League sebelum kematiannya pada tahun 1924.


Phil Kelso Tahun 1904 - 1908

Phil Kelso adalah seorang yang keras, dia yang pernah melatih di Hibernian sebelum beralih sebagai manajer baru di Woolwich Arsenal dari 1904 sampai 1908. Kelso membawa klub untuk dua kali berturut-turut empat terakhir di Piala FA tapi tidak membuat banyak kemajuan di Liga. Setelah meninggalkan Arsenal, ia kembali sebentar ke Skotlandia untuk menjalankan sebuah hotel di Largs, sebelum menjadi manajer Fulham pada tahun 1909. Dia tinggal di London selama 15 tahun hingga kematiannya pada tahun 1935, di umur yang ke 64.


George Morrell Tahun 1908 - 1915

George Morrell adalah manajer Woolwich Arsenal dari tahun 1908 hingga 1915, dan mengawasi klub bergerak dari Plumstead di London bagian tenggar, untuk itu bekas rumah di Highbury, London Utara. Morrell dipaksa untuk menjual banyak pemainnya terbaik tapi masih dibimbing tim untuk keenam di Liga pada musim pertamanya. Sayangnya, ia menjadi satu-satunya manajer yang mebawa klub terdegradasi. Woolwich Arsenal menurun ke divisi kedua pada tahun 1913. Tapi Arsenal finish pada peringkat lima di divisi kedua pada tahun 1915 - cukup tinggi untuk mendapatkannya terpilih kembali ke divisi utama.


Leslie Knighton Tahun 1919 - 1925

Leslie Knighton ditunjuk sebagai manajer Arsenal pada tahun 1919, setelah selesai sebagai asisten manajer di Huddersfield Town dan Manchester City. Ia menjabat sebagai manajer Arsenal selama enam tahun, tapi Arsenal pernah finish lebih tinggi dari 10, datang 20 di tahun 1924-25. Knighton dipecat pada akhir musim itu, dan digantikan oleh sang legendaris, Herbert Chapman. Setelah meninggalkan the Gunners, Knighton selanjutnya mengelola Bournemouth, Birmingham City dan Chelsea.


Herbert Chapman Tahun 1925 - 1934

Herbert Chapman tidak hanya mendirikan Arsenal sebagai tim sepak bola Inggris yang memiliki kekuatan dominan, tetapi konsep sepak bola dan ide-ide berfungsi sebagai contoh untuk tim dan manajer dunia. Ia berhasil menangani Leeds dan Huddersfield Town sebelum mengambil alih di Highbury. Di mana ia memperkenalkan strategi 3-3-4 atau strategi 'WM', memenangkan Piala FA pada tahun 1930 dan gelar divisi utama, yang mencetak rekor klub dengan 127 gol, 1930/31. Ia memenangkan gelar Liga kedua,setelah dua tahun kemudian ia mati mendadak pada tahun 1934, diumur ke 55. Patung perunggu Chapman berdiri di dalam Highbury sebagai penghargaan untuk prestasi di klub.


George Allison Tahun 1934 - 1947

George Allison lahir di Darlington dan bekerja sebagai wartawan sebelum pindah ke London pada tahun 1905. Ia menjadi editor program Woolwich Arsenal dan kemudian menjadi komentator pertama pada final Piala FA yang disiarkan di radio, antara Arsenal dan Cardiff City pada tahun 1927. Ia kemudian menjadi Sekretaris klub dan kemudian Direktur, sebelum mengambil alih sebagai manajer tim pertama di Juni 1934. Allison membawa klub dua kali berturut-turut gelar Liga, dan memenangkan gelar ketiga pada tahun 1935. Ia juga memenangkan Piala FA pada tahun 1936 dan Liga lagi pada tahun 1938. Allison memutuskan untuk mundur dan pensiun dari permainan di 1946-47.


Tom Whittaker Tahun 1947 - 1956

Thomas James Whittaker lahir di Aldershot, Hampshire dan bergabung dengan Arsenal pada 1919 sebelum menjadi pelatih tim pertama klub di bawah Herbert Chapman pada tahun 1927. Whittaker memiliki peranan penting di bawah Chapman di mereformasi rezim pelatihan dan fisioterapi di klub sebelum mengambil alih memerintah dari Chapman's penerus, George Allison, pada tahun 1947. Ia memenangkan Liga dalam 1948 sampai 1953 dan Piala FA di tahun 1950 sebelum kematiannya tragis karena serangan jantung pada tahun 1956, di umur 58.


Jack Crayston Tahun 1956 - 1958

Jack Crayston lahir di Lancashire pada 1910 dan diangkat sebagai manajer Arsenal bulan November 1956. Mantan pemain dengan 187 penampilan di klub, Crayston diangkat Arsenal dari kesebelas ke tempat ketiga di Leauge, sebelum akhirnya membawa arsenal finish kelima di musim pertamanya. Ia mengundurkan diri pada bulan Mei 1958 dan mengelola Doncaster Rovers. Crayston meninggal dunia pada tahun 1992.


George Swindin Tahun 1958 - 1962

George Swindin, mantan pemain Arsenal dengan 297 penampilan pertamanya dengan namanya, diundang untuk mengambil alih manajer di Highbury pada tahun 1958, mengikuti tugas sukses sebagai manajer di Peterborough United. Ia mengawasi rekonstruksi secara drastis di staf. Bermain di klub selama musim pertamanya bertanggung jawab dan membawa tim finish diposisi ketiga.Setelah meninggalkan the Gunners, Swindin terus mengelola Norwich City, Cardiff City, Kettering, dan Corby sebelum pensiun ke Spanyol. Sayangnya, Swindin meninggal pada Oktober 2005, berusia 90 tahun.


Billy Wright Tahun 1962 - 1966

Billy Wright lahir William Ambrose Wright di Shropshire pada tahun 1924 dan pemain pertama dengan 100 cap untuk Inggris, menjadi nakhoda pada sisi nasional tidak kurang dari 90 kali termasuk kampanye mereka di final Piala Dunia 1950, 1954, dan 1958. Ia menjadi manajer Arsenal pada tahun 1962 tetapi Arsenal pernah finish di posisi ke tujuh di bawah Wright dan ia meninggalkan klub setelah musim 1965-66, di mana Arsenal finish di posisi 14 dan tersingkirkan dari Piala FA oleh Blackburn Rovers. Wright meninggalkan manajemen dan kemudian menjadi pakar televisi untuk ATV. Ia diangkat sebagai Perdana yg ditunjuk dari Inggris Football Hall of Fame pada tahun 2002.


Bertie Mee Tahun 1966 - 1976

Bertie Mee lahir di Bullwell Notinghamshire dan berhasil membawa Arsenal pertama kalinya menjuarai Liga dan Piala FA beramaan pada tahun 1971. Ia menjadi manajer pada tahun 1966, dan merekrut Dave Sexton dan Don Howe sebagai asistennya. Di bawah tutorship nya, Arsenal mencapai dua berturut-turut League Cup Final pada 1968 dan 1969, tetapi kalah Swindon kota Leeds United dan masing-masing. Namun, mengikuti musim, klub memenangkan itu pertama Piala apapun selama 17 tahun, mengalahkan Anderlecht 4-3 agregat, di Piala pameran Inter-Cities. Setelah kalah 3-1, Arsenal mengalahkan Belgia 3-0 di Highbury. Bagian pertama dari Double - The League - dimenangkan di White Hart Lane, rumah dari rival sekota Tottenham Hotspur, pada hari terakhir musim. Lima hari kemudian, Charlie George mencetak gol kemenangan sebagai Arsenal mengalahkan Liverpool 2-1 di Wembley setelah extra-time untuk menjuarai Piala FA. Mee mundur sebagai manajer pada tahun 1976, kemudian bergabung ke Watford sebagai asisten Graham Taylor pada tahun 1978. Sayangnya, ia meninggal pada tahun 2001, pada usia 82.


Terry Neill Tahun 1976 - 1983

William John Terence "Terry" Neill lahir pada Mei 1942 di Belfast dan pindah ke Arsenal pada 1959 sebagai pemain. Ia pensiun dari bermain pada tahun 1973, dan kemudian menjadi manajer Arsenal. Ia bekerja di Spurs selama dua musim, hampir dipecat, sebelum menjadi direkrut oleh Dewan Arsenal sebagai manajer pada tahun 1976 - menjadi manajer termuda dalam sejarah klub. Klub menikmati kebangkitan kecil di bawah manajemen nya, mencapai final Piala FA tiga antara tahun 1978 dan 1980, meskipun hanya menang pada tahun 1979. Ia juga mencapai final Piala Winners tahun 1980, meyerah di adu penalti kontra Valencia. Ia dipecat sebagai manajer pada Desember 1983 dan pensiun dari sepak bola.


Don Howe Tahun 1984 - 1986

Donald 'Don' Howe lahir pada 12 Oktober 1935 dan bermain untuk West Bromwich Albion sebelum Billy Wright mengontraknya untuk Arsenal pada tahun 1964 dan menjadikannya kapten. Howe pensiun dari bermain dan menjadi pelatih tim cadangan Arsenal di bawah Bertie Mee, sebelum melangkah ke peran pelatih tim pertama setelah kepergian Dave Sexton pada tahun 1968. Ia kemudian kembali ke klub tua, West Bromwich Albion, sebagai manajer sebelum stints sebagai pelatih Galatasaray, Turki dan Leeds United, sebelum bergabung Arsenal tahun 1977 sebagai pelatih kepala. Howe berhasil Terry Neill sebagai gudang pada tahun 1983 dan dibawa melalui orang-orang seperti Tony Adams, David Rocastle dan Niall Quinn sebelum mengundurkan diri pada Maret 1986.Howe kemudian menjadi asisten Bobby Gould di Wimbledon dan kemudian mengelola Queen Park Rangers dan Coventry City sebelum pindah ke jurnalisme dan penyiaran.


George Graham Tahun 1986 - 1995 

Kembali mantan pemain Arsenal, George Graham bergabung dengan Club sebagai manajer pada tahun 1986 setelah tiga tahun bertanggung jawab atas Millwall. Ia memenangkan 2 kejuaraan liga, dua Piala Liga, Piala FA dan Piala Winners Eropa dalam delapan tahun, membuat Arsenal salah satu tim dominan dari akhir 1980-an dan awal 1990-an. Ia menjadi terkenal untuk membangun tim paling kejam dari barisan belakang, menyempurnakan perangkap offside sepanjang jalan. Dia juga membeli Ian Wright dari Crystal Palace. Setelah meninggalkan klub pada tahun 1995, Graham terus mengelola Leeds United dan Tottenham Hotspur. Dia adalah sala satu pakar sepak bola.


Bruce Rioch Tahun 1995 - 1996

Bruce Rioch meninggalkan jabatannya sebagai manajer Bolton Wanderers untuk menggantikan George Graham sebagai manajer pada tahun 1995 dan tinggal selama satu tahun. Dia membawa Arsenal pada Piala UEFA pada 1995-96, mengamankan kualifikasi pada hari terakhir musim atas Everton, Blackburn Rovers dan Tottenham Hotspur. Ia juga mencapai tahap semifinal pada Liga Korchnoi gol tandang Aston Villa. Setelah meninggalkan klub dia menjadi asisten Stewart Houston di Queens Park Rangers. Ia kemudian menangani Norwich City dan Wigan Athletic dan saat ini bertanggung jawab atas Denmark klub Odense.


Arsène Wenger Tahun 1996 - Sekarang

Arsène Wenger bergabung Arsenal pada September 1996 setelah sebagai manajer dengan Nancy dan Monako di Perancis dan Grampus Eight di Jepang. Dia dipandu klub liga dan Piala FA ganda, di musim penuh pertamanya di Highbury pada tahun 1998 dan memenangkan gelar Liga lebih lanjut pada tahun 2002 dan 2004. Ia telah memenangkan 4 Piala FA. Ia juga dipandu United ke final UEFA Cup 2000, kehilangan Galatasaray adu penalti dan melalui kampanye Liga tak terkalahkan seluruh perjalanan ke judul pada tahun 2004. Pada tahun 2006 ia membawa United ke Final Liga Champions UEFA, di mana tim sempit dikalahkan oleh Barcelona. Dia masih bertanggung jawab atas the Gunners.


Referensi

http://soccerklopedi.blogspot.com/2012/10/sejarah-berdirinya-arsenal.html

http://ferdirizkyputra.blogspot.com/


Load comments
Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia