Sejarah Lengkap Konsol PS1 sampai PS5

Sejarah Lengkap Konsol PS1 sampai PS5


Siapa di sini yang belum pernah sama sekali main konsol PlayStation? Kalau kamu belum pernah main, berarti kamu harus coba, geng.


PlayStation merupakan konsol game buatan Sony Interactive System yang dirilis pertama kali pada 3 Desember 1994. Di usianya yang hampir 25 tahun ini, Sony telah merilis banyak banget produk. Belum lama ini juga santer kabar mengenai tanggal rilis konsol terbaru mereka, yakni PS5. Kalau kamu adalah PlayStation Fan, kamu nggak boleh ketinggalan, geng.


Sejarah Lengkap Konsol PS1 sampai PS5


Produk PlayStation nggak cuma konsol rumahan saja, geng. Ada controller alias stik, PlayStation Network, konsol handheld, bahkan smartphone gaming.


Dalam artikel ini, Saya bakal menjelaskan tentang sejarah dari konsol jadul legendaris PS1 hingga PS5 yang bakal dirilis akhir tahun depan.


Pasti kamu penasaran, kan? Kalau begitu, langsung saja simak artikel berikut ini.


1. PlayStation


Sony pertama kali terjun pasar konsol pada tanggal 3 Desember 1994 dengan merilis PlayStation.Konsol ini menjadi konsol generasi pertama yang dimiliki oleh Sony. konsol ini telah lebih dulu diperkenalkan lewat ajang Consumer Electronics Show (CES) 1991 lalu dengan nama Play Station atau Super Disc.


PlayStation diluncurkan di Jepang setelah Sega merilis Sega Saturn. Hasilnya, penjualan konsol PlayStation berhasil sukses dengan antrean panjang di toko-toko. Di mana Sony menjual 100.000 unit pada hari pertama, dan kemudian dua juta unit setelah enam bulan di pasar. Sampai akhir tahun 1996, tercatat kalau lebih dari 400 judul game yang telah dikembangkan untuk konsol PlayStation.


2. PlayStation 1


Enam tahun berikutnya, Sony merilis generasi PlayStation selanjutnya yang dinamai PlayStation One (PS One). PS One memiliki spesifikasi yang sama dengan generasi sebelumnya. 


Yang berbeda adalah ukuran dan warnanya. Jika sebelumnya PlayStation memiliki warna abu-abu, maka pada PS One Sony menggantinya dengan warna putih. PS One terakhir dijual pada akhir tahun 2006, di mana konsol generasi pertama tersebut mencetak angka penjualan sebanyak 102 juta unit. Bersamaan dengan berakhirnya produksi PlayStation dan PS One, Sony juga mengumumkan kehadiran PlayStation 3.


Kalau kamu lahir di era '90-an, pasti kamu ingat rental-rental PS 1 yang ada di mana-mana. Kamu bisa memainkan game PS1 tanpa perlu memiliki konsol sendiri.


3. PlayStation 2


PlayStation 2 dirilis pertama kali pada tahun 2000, 1 tahun lebih cepat dari kompetitornya, yakni XBOX dan Nintendo Gamecube. PS2 merupakan konsol generasi ke-6 yang bisa kamu gunakan untuk memainkan game-game di PS1 alias backwards compatible.


PS2 merupakan konsol terlaris sepanjang masa dengan menjual 155 juta konsol di seluruh dunia. Nggak cuma itu, PS2 juga menjadi konsol tercepat yang mencapai penjualan 100 juta konsol. Pencapaian ini lebih hebat dibandingkan PS1 yang menjual 100 juta konsol dalam 9 tahun 6 bulan. PS2 cuma butuh 5 tahun 9 bulan saja, geng.


Selain versi standarnya, PS2 juga memiliki versi PS2 Slim yang lebih tipis dari pada versi aslinya. Versi slim dirilis pada tahun 2004. Game terpopuler untuk konsol PS2 adalah game kontroversial, GTA San Andreas yang terjual hingga 17,3 juta keping ke seluruh dunia.


4. PlayStation 3


Tahun 2006, tepatnya tanggal 17 November merupakan hari rilisnya konsol generasi ke-7 dari Sony, yakni PlayStation 3, atau disingkat PS3. Berbeda dengan PS1 yang menggunakan optik CD-ROM dan PS2 yang menggunakan DVD-ROM, PS3 sudah menggunakan optik Blu-Ray, lho.


PlayStation 3 merupakan konsol dari Sony pertama yang memiliki fitur motion sensing. Nggak cuma itu, PS3 juga sudah mendukung grafis HD. Konsol satu ini merupakan konsol yang nggak sepopuler saudara-saudaranya. PS3 cuma menjual sebanyak 80 juta unit di seluruh dunia per November 2013.


Meskipun begitu, banyak juga kok game-game asyik yang bisa kamu mainkan di PS3. GTA V versi PS3 laris manis dengan terjual sebanyak 15 juta keping. PS3 sendiri memiliki 2 penerus, yakni PS3 Slim dan PS3 Superslim. Fiturnya sama, hanya ukurannya saja yang berbeda, geng.


5. PlayStation 4


PlayStation 4 merupakan konsol terakhir yang dirilis oleh Sony pada saat ini. Diumumkan pada 23 Februari 2013, PS4 mendapatkan respon sangat positif dari penggemar. Hadirnya konsol generasi ke-8 ini tentu membawa perubahan besar dari konsol sebelumnya. PS4 sudah menggunakan arsitektur x86 dan juga beberapa layanan canggih.


Ada aplikasi PlayStation untuk menjadikan smartphone-mu layar kedua, dan yang ke-2 adalah PlayStation Now, layanan streaming game berbasis Cloud. Terdapat 2 penerus dari PS4, yakni PS4 Slim dan juga PS4 Pro, geng. PS4 Slim dan PS4 Pro sama-sama dirilis pada 7 September 2016.


Sesuai namanya, PS4 Slim memiliki casing 40% lebih kecil dibandingkan PS4 biasa. Sedangkan, PS4 Pro justru adalah upgrade untuk PS4, geng. PS4 Pro dapat memainkan game dengan resolusi 4K dan frame rate 60 FPS. Tujuan dirilisnya konsol ini adalah untuk menyaingi PC gaming yang sudah semakin maju.


Per bulan Juni kemarin, total penjualan PS4 adalah 100 juta unit. Sementara, game terpopuler di konsol ini adalah Uncharted 4: A Thief's End yang terjual sebanyak 15 juta keping.


6. PlayStation 5


Akhirnya di tahun 2020 , Sony merilis konsol generasi kelima miliknya, yaitu PlayStation 5 (PS5). Konsol ini disebut Sony akan memiliki spesifikasi yang tidak jauh berbeda dengan Xbox Series X.  PS5 dilengkapi prosesor dan GPU custom dari AMD, yang menggunakan arsitektur Zen 2 serta RDNA 2. CPU-nya sama-sama memiliki 8 core, dan GPU-nya memiliki kemampuan komputasi hingga 10.28 TFLOPS. Selain itu, PS5 juga dilengkapi RAM sebesar 16 GB serta SSD 825 GB yang bisa ditambah dengan SSD jenis NVMe.


Ada beberapa game yang bakal dirilis untuk PlayStation 5. saat ini ada beberapa judul game yang telah diumumkan, di antaranya yaitu Godfall, The Lord of the Rings: Gollum, Watch Dogs: Legion, Gods and Monsters, Rainbow Six Quarantine.


Referensi

https://emdeen-1.blogspot.com/2020/09/sejarah-playstation-selama-25-tahun.html

https://today.line.me/id/v2/article/Sejarah+Lengkap+Konsol+PS1+sampai+PS5+Mana+yang+Jadi+Favoritmu-gLJYlG


Load comments
Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia