Biodata dan Profil Jang Nara, Artis Korea yang Dijuluki Vampir

Biodata dan Profil Jang Nara, Artis Korea yang Dijuluki Vampir


Berikut ini adalah biodata dan profil Jang Nara, Artis korea yang dijuluki vampir karena cantik awet muda.


Jang Nara merupakan seorang penyanyi sekaligus aktris korea selatan yang aktif di industri hiburan Korea Selatan dan China sejak 2001.


Wanita kelahiran seoul ini menjadi terkenal setelah merilis album studio hitnya Sweet Dream pada tahun 2002, dan membintangi serial televisi Successful Story of a Bright Girl (2002), My Love Patzzi (2002), Wedding (2005), My Bratty Princess (2005), Confession Couple (2017), The Last Empress (2018–2019), dan VIP (2019).


Selain kiprahnya di dunia musik dan seni peran, Nara juga dikenal dengan kecantikan dan awet mudanya. Ia bahkan mendapat julukan vampir dari para penggemar karena wajahnya yang masih cantik awet muda meski usianya telah menginjak kepala empat.


Penasaran dengan sosoknya? Simak lebih lanjut yuk biodata dan profil Jang Nara yang telah berhasil dihimpun dari berbagai sumber berikut ini.


Biodata dan Profil Jang Nara


Nama Lengkap : Jang Na-ra (장나라)
Nama Lain : Jang Nara, Cang Nara
Tempat Lahir : Seoul, Korea Selatan
Tanggal Lahir : Rabu, 18 Maret 1981
Agama : Kristen
Kebangsaan : Korea Selatan
Profesi : Penyanyi, Aktris, Produser
Tahun Aktif : 2001 - Sekarang
Tinggi Badan : 163 cm
Golongan Darah : A
Ayah : Ju Ho Seong
Ibu : -
Sosial Media : Instagram : @nara0318
Situs Pribadi : www.narajjang.com


Kehidupan Pribadi Jang Nara

Jang Nara berasal dari keluarga aktor. Ayahnya, Ju Heo-seong merupakan aktor teater, produser, dan sutradara. Sejak karir debut Nara pun sang ayah yang mengelolanya. Kakak laki-lakinya (Jang Seung-won) juga merupakan seorang aktor dan CEO Rawon Culture (agensi Jang Nara yang didirikan ayahnya).


Sebagai seorang anak, Jang Nara menghabiskan masa kecilnya di kota kelahirannya Seoul. Jang Nara pernah muncul bersama ayahnya di serial yang berjudul "Les Miserables" pada waktu masih bersekolah dan setelah beradu akting bersama sang ayah, Nara pun tertarik untuk menjadi artis.


Jang Na-ra kemudian menjadi bintang iklan televisi dibeberapa produk pada masa-masa SMA nya. Setelah itu ia menjadi seorang mahasiswi di Universitas Chungang pada bulan Maret 2000 dan mengambil jurusan teater pada fakultas seni rupa.


Karir Musik Jang Nara

Jang Na-Ra memulai debutnya di dunia hiburan sebagai penyanyi pada Mei 2001. Dia memulai karir menyanyinya dengan menjadi trainee dan menandatangani kontrak dengan SM Entertainment. Namun, SM Entertainment membatalkannya karena asumsi bahwa dia akan memiliki popularitas yang lebih rendah atau tidak sama sekali daripada artis pesaing lainnya.


Jang Na-Ra merilis album debutnya First Story dengan judul lagu Burying My Face In Tears. Awalnya, itu tidak diterima dengan baik dan hanya mencapai nomor 12 di tangga musik Korea. Setelah membintangi sitkom populer New Nonstop, ia menjadi lebih terkenal dan merilis lagu lain di album seperti lagu gaya balada popnya, Confession dan April Story, menduduki peringkat teratas di berbagai tangga musik. Album tersebut terjual 300.000 kopi. Jang Na-Ra kemudian menjadi pembawa acara musik MBC, Music Camp dan acara bincang-bincang KBS Love Story. Pada akhir 2001, dia menerima beberapa penghargaan.


Pada Oktober 2002, Jang Na-Ra merilis album keduanya Jjang Nara Vol.2 Sweet Dream. Lagu Sweet Dream menjadi sangat populer dan mencapai nomor 1 di tangga musik Korea, langsung menjadikan namanya di kenal oleh publik. Album ini juga menjadi salah satu album terlaris tahun itu di Korea Selatan. Karena kesuksesan Sweet Dream, Jang Na-Ra memenangkan beberapa penghargaan termasuk dua penghargaan Daesang atau Grand Prize (setara dengan Korean Top Artist of the Year) dari MBC Music Festival dan KBS Music Awards. Dia juga menerima Korean Singer of the Year dari China CCTV-MTV Awards pada tahun 2003.


Pada bulan Desember 2003, Jang Na-Ra merilis album ketiganya berjudul 3rd Story yang mencakup lagu-lagu top I am a Woman Too dan Is That True?.


Jang Na-Ra merilis Album Hits Terbaik pada tahun 2004 yang terdiri dari lagu-lagu dari 3 album sebelumnya. Dia mengikutinya dengan album ke-4 berjudul My Story yang dirilis pada Desember 2004, terdiri dari lagu-lagu hit seperti I Love School dan Winter Diary.


Dengan popularitasnya di China, ia juga berkarir di musik luar negeri dengan merilis album berbahasa Mandarin. Album China pertamanya sukses besar, menjadikannya artis asing pertama di China dengan lebih dari 1 juta kopi terjual. Ini diikuti oleh rilis dua album China, Kungfu (2005) dan Flying High (2006).


Dia kembali ke dunia musik Korea pada tahun 2007 dengan album Korea kelima berjudul She. Tahun berikutnya, dia merilis album multi-bahasa berjudul Dream of Asia, yang mencakup 26 lagu dalam 5 bahasa, termasuk Mandarin, Kanton, Korea, Jepang, dan Inggris. Jang Na-Ra mengadakan konser mini di Beijing untuk mempromosikan album tersebut. Selama Olimpiade Musim Panas Beijing 2008, Jang Na-Ra adalah satu-satunya penyanyi dari negara yang tidak berbahasa China yang tampil dalam lagu Olimpiade 2008 Beijing Welcomes You.


Pada tahun 2009, dia merilis duet dengan Jimmy Lin untuk soundtrack film mereka Flying With You. Lagu ini diproduksi oleh musisi Singapura terkenal JJ Lin. Pada tahun 2012, empat tahun setelah merilis Dream of Asia, Jang Na-Ra kembali ke dunia musik Korea dengan single digital I Only Think Of You. Pada tahun yang sama, ia merilis album China keempatnya, Love Journey.


Pada tanggal 20 Mei 2018, Jang Na-Ra membawakan Sweet Dream, I am a Woman Too, April Story di Sugar Man season 2, yang merupakan rating penonton tertinggi di antara semua program terestrial dan non-terestrial yang disiarkan pada waktu yang sama. Sweet Dream oleh Jang Na-ra menjadi video pertunjukan yang paling banyak dilihat di antara semua penyanyi Sugar Man.


Karir Akting Jang Nara

Selain mempunyai karir yang bagus dalam bermusik, Jang Na-Ra juga memiliki karir akting yang sukses. Dia pertama kali muncul di sitkom TV MBC New Nonstop yang populer, dan mendapat perhatian karena citra lucunya.


Pada tahun 2002, Jang Na-Ra mendapatkan peran utama pertamanya dalam sebuah drama komedi romantis SBS Successful Story of a Bright Girl. Drama ini diterima dengan baik dan mencatat rating penonton yang tinggi. Dia memenangkan Penghargaan Aktris TV Baru Terbaik di Baeksang Arts Awards 2003. Keberhasilan drama dan lagu hitnya "Sweet Dream" meluncurkannya menjadi bintang di Korea Selatan tahun itu. Pada tahun yang sama, ia membintangi serial komedi romantis lainnya My Love Patzzi yang juga mencapai peringkat tinggi.


Pada tahun 2003, ia membuat debut filmnya di film Oh! Happy Day.


Pada tahun 2004, ia kembali ke layar kecil dan membintangi drama akhir pekan MBC Love Is All Around, diikuti oleh drama percintaan KBS Wedding. Wedding menetapkan Jang Na-Ra sebagai aktris, dan dia menerima pujian penonton untuk penggambarannya tentang pertumbuhan dan identitas wanita dalam pernikahan.


Pada tahun 2005, dengan popularitasnya yang meningkat di China, ia melakukan langkah berani dengan pindah ke China untuk memulai karir menyanyi dan aktingnya. Drama China mainstream pertamanya adalah My Bratty Princess. Keberhasilan My Bratty Princess melambungkannya sebagai hallyu atau bintang Korean Wave di China. Dia membuat beberapa serial drama lain di China yang meliputi Good Morning Shanghai pada 2007, Iron Masked Singer pada 2010, dan Unruly Qiao pada 2011.


Pada tahun 2009, ia kembali ke layar lebar dengan Sky and Ocean, memainkan pemain biola berbakat dengan usia mental 6 tahun, didiagnosis dengan sindrom Savant. Film ini mengalami kegagalan komersial, dan dikritik karena nominasi Jang Na-Ra yang tidak adil di Grand Bell Awards bahkan sebelum film tersebut dirilis. Namun, terlepas dari kontroversi, dia memenangkan Aktris Terbaik untuk Penghargaan Film Asing di China Golden Rooster dan Hundred Flowers Awards ke-19. Film ini juga menjadi film Asia pertama yang diundang ke Festival Film Internasional Tirana ke-8 di Albania, di mana ia memenangkan Media Award.


Pada Mei 2011, Jang Na-Ra membintangi komedi romantis KBS Baby Faced Beauty. Ini menandai kembalinya dia ke layar Korea setelah enam tahun. Serial ini rata-rata mendapat peringkat 10% selama penayangannya dan memenangkan ulasan yang disukai. Dia kemudian memenangkan Excellence Award untuk seorang Aktris dalam serial mini di KBS Drama Awards 2011.


Tahun berikutnya, dia membuat film China pertamanya Flying With You, yang dibintangi oleh penyanyi dan aktor Taiwan Jimmy Lin. Dia juga membuat penampilan cameo dalam film China lainnya yang dibintangi oleh Jaycee Chan berjudul Whoever. Pada tahun yang sama, ia tampil bersama ayahnya dalam sebuah drama China berjudul Race Course.


Pada bulan Desember 2012, Jang Na-Ra bersatu kembali dengan lawan mainnya Baby Faced Beauty Choi Daniel untuk drama remaja KBS School 2013. Dia menerima Excellence Award kedua berturut-turut untuk seorang Aktris dalam sebuah mini-seri di KBS Drama Awards 2012.


Setelah syuting untuk School 2013 selesai, Jang Na-Ra segera kembali ke China untuk syuting drama berjudul Red Palanquin.


Tahun 2014 terbukti menjadi tahun yang sibuk bagi Jang dengan tiga proyek TV di bawah jaringan MBC. Pada Juli 2014, Jang Na-Ra memainkan peran utama dalam You Are My Destiny, adaptasi Korea dari drama hit Taiwan 2008 Fated to Love You. Serial TV ini mempertemukannya kembali dengan Jang Hyuk 12 tahun setelah keduanya membintangi drama berperingkat tinggi Successful Story of a Bright Girl.


You Are My Destiny menjadi hit di China dan memperoleh 200 juta tontonan . Tak lama setelah itu, Jang Na-Ra membintangi drama satu episode khusus berjudul Old Farewell untuk MBC Drama Festival, memasangkannya sekali lagi dengan Jang Hyuk. Dia kemudian mengambil peran utama berlawanan dengan Shin Ha-kyun dalam drama fantasi-romantis-komedi Mr. Back. Dia kemudian memenangkan Top Excellence Award di 2014 MBC Drama Awards untuk kedua serial televisi yang dia bintangi pada tahun itu.


Pada 2015, Jang Na-Ra berperan sebagai detektif polisi dalam film thriller misteri Hello Monster. Pada tahun 2016, ia membintangi komedi romantis One More Happy Ending, memerankan mantan idola pop.


Pada tahun 2017, Jang Na-Ra berperan dalam drama fantasi romantis Confession Couple. Serial ini sukses, dan memenangkan pujian dari pemirsa. Dia juga memenangkan Excellence Award untuk Aktris dalam serial mini di KBS Drama Awards 2017.


Pada tahun 2018, Jang Na-Ra berperan dalam drama thriller misteri The Last Empress, memerankan aktris musikal yang menjadi Permaisuri raja zaman modern. Serial ini menerima peringkat tinggi dan dia dipuji atas penampilannya dengan berbagai aktingnya.


Pada tahun 2019, Jang Na-Ra kembali ke layar dengan drama misteri kantor VIP.


Pada tahun 2020, Jang Na-Ra membintangi drama komedi romantis Oh My Baby.


Fakta-fakta menarik Jang Nara

Berikut ini beberapa fakta-fakta menarik mengenai Jang Nara yang wajib kamu ketahui.

  • Jang Nara mulai mendapatkan minat untuk akting ketika dia masih muda, dia membintangi musikal "Les Miserables".
  • Ayahnya juga seorang aktor.
  • Jang Nara menjadi model di tahun-tahun sekolah menengahnya.
  • Pendidikan: Departemen Teater Universitas Chungang, Fakultas Seni Rupa.
  • Jang Nara mengambil jurusan Teater dan Film.
  • Dia lulus dari perguruan tinggi 10 tahun kemudian pada tanggal 19 Februari 2010.
  • Butuh waktu lama untuk lulus karena dia sudah jadi artis pada saat itu.
  • Jang Nara menerima penghargaan asosiasi alumni atas kontribusinya ke universitas selama upacara kelulusan.
  • Dia memiliki kakak laki-laki bernama Jang Seongwan yang merupakan Editor Film.
  • Jang Nara memiliki kemampuan memainkan alat musik suling dan piano.
  • Dia sempat menjadi trainee dan menandatangani kontrak dengan SM Entertainment, namun SM membatalkannya karena dinilai tidak akan sepopuler artis lain.
  • Jang Nara mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa dia menderita tukak lambung, sindrom iritasi usus besar, gangguan panik, bulimia, dan akrofobia karena stres dan tekanan yang hebat sebagai idola.
  • Dia absen dengan aktivitas menyanyinya pada tahun 2014 karena demam panggungnya dan dia fokus pada aktingnya.
  • Jang Nara dikenal karena penampilannya yang awet muda hingga mendapat julukan vampir dari penggemar.
  • Dia melakukan banyak pekerjaan amal.
  • Dia telah mengirim komoditas senilai 500 juta won dan susu bubuk 200 juta won kepada anak-anak di Korea Utara.
  • Dia juga telah mendirikan yayasan beasiswa Jang Nara senilai US $ 10.000 di Filipina.
  • Jang Nara bekerja sama dengan FHI Charity organization.
  • Pada tahun 2008, ia termasuk dalam salah satu penyanyi Olimpiade Beijing Welcome You. Yang mana, ia adalah satu-satunya yang bukan dari negara Cina.


Galeri Foto Jang Nara



Nah, itulah biodata dan profil jang nara yang berhasil di himpun dari berbagai sumber. Semoga kalian semakin kenal ya dengan sosok jang nara yang masih tetap imut meskipun sudah berumur kepala 4.


Load comments
Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia