Biodata dan Profil Lady Gaga

Biodata dan Profil Lady Gaga


Lady Gaga atau yang bernama lengkap Stefani Joanne Angelina Germanotta ini lahir di New York, 28 Maret 1986. Wanita berkebangsaan Amerika Serikat ini merupakan seorang penyanyi, penulis lagu, dan aktris.


Gaga memulai debutnya dengan mengeluarkan album THE FAME pada 2008 lalu. Dengan mengusung genre musik elektronika, album ini mendapat respon positif dari kritikus musik dunia. 


Bahkan single pertamanya yang berjudul Just Dance mendapatkan nominasi untuk Best Dance Recording di ajang Grammy Awards. Single kedua yang dirilis dari album THE FAME, Poker Face pada 29 September 2008 dan berhasil menjadi nomor satu di enam negara. Gaga berhasil masuk pada BBC Sound of 2009 sebagai Best Rising Stars Pada 5 Desember 2008,


Di 12 Januari 2009, ia mengumumkan akan mengadakan tur yang pertama kali, The Fame Ball Tour, yang disponsori oleh Dylan George Jeans. Dalam tur kali ini, Gaga akan mengelilingi Amerika dan Kanada. Ketika membuat musiknya, Gaga juga akan memikirkan fashion yang akan dikenakan pula. Menurutnya, fashion termasuk penampilan panggungnya yang juga penting.


Sebagai penulis lagu, Lady Gaga juga pernah membuatkan lagu untuk Britney Spears, New Kids On The Block, Pussycat Dolls dan juga Fergie.


Biodata dan Profil Lady Gaga


Nama Lengkap : Stefani Joanne Angelina Germanotta
Nama Panggung : Lady Gaga
Tempat Lahir : New York, Amerika Serikat
Tanggal Lahir : Jum'at, 28 Maret 1986
Agama : -
Profesi : Aktris, Produser, Penyanyi, dan Pencipta lagu
Tahun Aktif : 2001 - Sekarang
Pasangan : -
Ayah : Joseph Germanotta
Ibu : Cynthia Louise
Sosial Media : - Instagram : @ladygaga
- Twitter : @ladygaga
Situs Pribadi : www.ladygaga.com


Siapa Lady Gaga?

Album debutnya, The Fame, adalah sukses besar, dan single "Poker Face" menduduki puncak tangga lagu di hampir setiap kategori, di hampir setiap negara. Lady Gaga sejak itu mendapat pujian untuk album-album berikutnya, termasuk kolaborasi dengan Tony Bennett, serta keterampilan aktingnya, merebut Golden Globe untuk kontribusinya pada American Horror Story dan nominasi Oscar untuk perannya sebagai bintang utama dalam A Star Is Born .


Masa Muda

Lady Gaga dilahirkan sebagai Stefani Joanne Angelina Germanotta pada 28 Maret 1986 di New York City. Dia menghadiri Tisch School for the Arts di New York University, tetapi pergi untuk menemukan ekspresi kreatif.


Stefani Joanne Angelina Germanotta lahir pada 28 Maret 1986 di Yonkers, New York, dari pasangan Cynthia dan Joseph Germanotta. Sekarang dikenal sebagai Lady Gaga (inspirasi untuk namanya berasal dari lagu Ratu "Radio Ga-Ga"), ia telah menjadi bintang pop internasional.


Gaga belajar bermain piano pada usia 4. Pada usia 11, ia diterima di Sekolah Juilliard di Manhattan, tetapi malah bersekolah di sekolah Katolik swasta di kota. Dia terus belajar musik dan tampil, menulis balada piano pertamanya pada usia 13, dan dia mengadakan pertunjukan pertamanya di klub malam New York pada usia 14.


Beberapa tahun kemudian, Gaga diberikan izin masuk lebih awal ke Sekolah Seni Tisch Universitas New York, Ia adalah satu dari hanya 20 siswa di dunia yang menerima kehormatan penerimaan dini. Sementara di sana, dia belajar musik dan mengerjakan keterampilan menulis lagunya.


Dia kemudian menarik diri dari sekolah untuk menemukan inspirasi kreatif.


Untuk memenuhi kebutuhan hidup, dia mengambil tiga pekerjaan, termasuk bertugas sebagai penari gogo, sementara dia mengasah penampilannya dalam seni pertunjukan.


Debut Profesional

Pada tahun 2005, Lady Gaga secara singkat ditandatangani oleh Def Jam Records, tetapi dijatuhkan hanya beberapa bulan kemudian. Dijatuhkan oleh label tersebut mendorong penyanyi untuk tampil sendiri di klub dan tempat di Lower East Side New York City.  Di sana, ia berkolaborasi dengan beberapa band rock, dan memulai eksperimennya dengan fashion.


Pada tahun 2007, pada usia 20, Gaga mulai bekerja di Interscope Records sebagai penulis lagu untuk artis lain di label, termasuk Britney Spears, New Kids on the Block dan The Pussycat Dolls.


Penyanyi R&B, Akon, menemukan Gaga ketika ia sedang melakukan pertunjukan olok-olok yang ia ciptakan, yang disebut "Lady Gaga and the Starlight Revue." Terkesan, Akon menandatangani kontrak dengan labelnya di bawah payung Interscope, Kon Live. Hingga 2007 dan 2008, Gaga menulis dan merekam album debutnya, The Fame.


Catatan ini mendapat ulasan positif dan sukses di Amerika Serikat. Dengan bantuan tim kreatifnya sendiri, "Haus of Gaga," pemain itu juga mulai membuat nama untuk dirinya sendiri secara internasional.


Terobosan Komersial

Single debut Lady Gaga, "Just Dance" dirilis ke radio pada awal 2008, dan menerima pujian populer dan komersial. Lagu ini kemudian dinominasikan untuk Grammy Award (untuk rekaman tarian terbaik) pada tahun 2008. Lagu tersebut hilang dari Daft Punk "Harder, Better, Faster, Stronger," tetapi ini tidak mencegah Gaga mencapai No. 1 di mainstream pop tangga lagu pada Januari 2009.


Single kedua dari The Fame, "Poker Face," membuat Gaga lebih sukses. Lagu ini menduduki puncak tangga lagu tunggal di hampir setiap kategori, dan di hampir setiap negara. Kedua lagu tersebut diproduksi oleh afiliasi Akon, RedOne, yang ikut menulis sebagian besar album Lady Gaga.


Kemudian pada 2008, Lady Gaga dibuka untuk Anak-Anak Baru yang baru direformasi di Blok. Dia juga berkolaborasi dengan mereka di lagu "Big Girl Now" dari album grup The Block.


Tahun berikutnya, Gaga merilis album delapan lagu, The Fame Monster, diikuti oleh Born This Way 2011. Pada 2013, Lady Gaga merilis album studio ketiganya, Artpop. Album ini tidak beresonansi kuat dengan audiensnya seperti karya-karya sebelumnya. Di antara goncangan dalam lingkaran batinnya, dia dan manajernya berpisah.


Bekerja Dengan Tony dan Golden Globe

Pada tahun 2014, ia merilis album duet jazz dengan penyanyi bertajuk Tony Bennett berjudul Cheek to Cheek, yang kemudian memenangkan Grammy Awards untuk Album Vokal Pop Tradisional Terbaik.



Dalam sebuah wawancara dengan Parade, Lady Gaga mengatakan tentang kolaborasi terbarunya, “Bekerja dengan Tony telah menegaskan kembali semua yang saya tahu tetapi Anda mulai lupa ketika hidup Anda berubah dan itu menjadi sangat bising. Bagi Tony, ini semua tentang musik yang hebat. "


Gaga terus menunjukkan keserbagunaan dan kekuatannya sebagai vokalis di siaran Academy Awards pada bulan Februari 2015, memberikan penghormatan kepada peringatan 50 tahun The Sound of Music dan aktris / penyanyi Julie Andrews dengan melakukan seleksi dari musikal.


Belakangan tahun itu, ia juga menunjukkan hadiahnya sebagai aktris dengan ikut membintangi American Horror Story: Hotel, mendapatkan Golden Globe untuk penggambarannya tentang The Countess. Pada upacara tersebut, Gaga yang tampak terkejut dan emosional mengakui bahwa akting adalah impian pertamanya sebelum ia merangkul musik, dan berterima kasih kepada sesama anggota pemeran dan produser Ryan Murphy atas dukungan mereka.


Gaga kembali ke pertunjukan untuk musim keenamnya, memainkan penyihir dalam American Horror Story: Roanoke. Pada bulan Februari 2016, Gaga, bergabung dengan gitaris / produser Nile Rodgers, melakukan penghormatan kepada almarhum David Bowie. Sebagai penghormatan kepada salah satu pahlawan musik terbesarnya, Gaga berambut merah menyanyikan medley pendek dari hits Bowie.


Dia juga tampil di Penghargaan Akademi Tahunan ke-88, menampilkan "Til It Happens to You" setelah diperkenalkan oleh Wakil Presiden Joseph Biden. Lagu itu berasal dari film dokumenter 2015 The Hunting Ground, yang membahas masalah pemerkosaan di kampus-kampus. Penyintas yang selamat dibawa ke panggung menjelang penutupan lagu, dengan penampilan mendapat tepuk tangan meriah.

Load comments
Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia