Biodata dan Profil Priyanka Chopra

Biodata dan Profil Priyanka Chopra


Priyanka Chopra merupakan seorang aktris India dan mantan Miss World kelahiran Jharkhand, 18 Juli 1982. Wanita berkebangsaan India ini memulai kariernya dengan bekerja sebagai model dan mendapatkan ketenaran setelah memenangkan gelar Miss World pada tahun 2000.


Sebagai salah satu selebriti India dengan bayaran tertinggi dan paling populer, Chopra telah menerima berbagai penghargaan, termasuk Penghargaan Film Nasional dan lima Penghargaan Filmfare. Pada tahun 2016, Pemerintah India menghormatinya dengan Padma Shri, penghargaan sipil tertinggi keempat, dan majalah Time menamai dia salah satu dari "100 orang paling berpengaruh di dunia".



Chopra memulai debut aktingnya melalui Film Tamil tahun 2002 Thamizhan. Kemudian pada tahun berikutnya, ia memulai debut film Bollywoodnya melalui film The Hero: Love Story of a Spy dan diikuti dengan film hit Andaaz, di mana ia memenangkan Penghargaan Filmfare untuk Debut Perempuan Terbaik.


Pada tahun 2004, ia menjadi wanita kedua yang memenangkan Penghargaan Filmfare untuk Penjahat Terbaik, yang ia terima untuk penampilan kritisnya dalam film Aitraaz. Chopra kemudian sukses secara komersial melalui film seperti Mujhse Shaadi Karogi (2004), Krrish (2006) dan Don: The Chase Begins Again (2006).


Pada tahun 2008, Chopra menerima Penghargaan Film Nasional untuk Aktris Terbaik, serta Penghargaan Filmfare untuk Aktris Terbaik untuk perannya sebagai model dalam Mode dan dengan demikian telah menetapkan dirinya sebagai salah satu aktris terkemuka kontemporer di Bollywood.


Sebagai seorang filantropis, Chopra telah bekerja sama dengan UNICEF sejak 2006 dan ditunjuk sebagai UNICEF Goodwill Ambassador nasional dan global untuk Hak Anak masing-masing pada tahun 2010 dan 2016. Ia mempromosikan berbagai isu sosial seperti lingkungan, kesehatan dan pendidikan, serta hak-hak perempuan, dan vokal terhadap kesetaraan gender dan feminisme.


Sebagai artis rekaman, ia telah merilis tiga singel. Dia juga adalah pendiri dari perusahaan produksi Purple Pebble Pictures, yang merilis drama-komedi Marathi Ventilator (2016). Meskipun menjaga privasinya, kehidupan di luar layar Chopra adalah subjek dari liputan media yang substansial. Dia menikah dengan penyanyi Amerika Nick Jonas.


Profil dan Biodata Priyanka Chopra

Nama Lengkap : Priyanka Chopra Jonas
Nama Panggung : Priyanka Chopra
Nama Panggilan : Mimi, PC, Piggy Chops, Sunshine
Tempat Lahir : Jamshedpur, Jharkhand, India
Tanggal Lahir : Minggu, 18 Juli 1982
Pekerjaan : Aktris, Penyanyi, Produser film, Filantropis, Model
Tahun Aktif : 2000 - sekarang
Pasangan : Nick Jonas (2018-Sekarang)
Anak : -
Ayah : Ashok Chopra
Ibu : Madhu Chopra
Akun Sosial Media : - Instagram : @priyankachopra
- Twitter : @priyankachopra


Penghargaan Priyanka Chopra



Chopra telah memenangkan Penghargaan Film Nasional untuk Aktris Terbaik untuk perannya dalam film Fashion (2008) dan lima penghargaan Filmfare: Best Female Debut untuk perannya dalam film Andaaz (2003), Best Performance in a Negative Role untuk perannya dalam film Aitraaz (2004), Aktris Terbaik untuk perannya dalam film Fashion (2008), Critics Award for Best Actress untuk perannya dalam film 7 Khoon Maaf (2011), dan Pemeran Pendukung Wanita Terbaik untuk perannya dalam film Bajirao Mastani (2015).


Ia juga memenangi dua People's Choice Awards: "Favourite Actress In A New TV Series", dan "Favorite Dramatic TV Actress" untuk perannya dalam Quantico. The following year, Chopra won a second People's Choice Award for "Favorite Dramatic TV Actress". Dia adalah aktris Asia Selatan pertama yang memenangi People's Choice Award. Pada tahun 2016, ia dianugerahi Padma Shri, penghargaan sipil tertinggi keempat, oleh Pemerintah India atas kontribusinya dalam bidang seni.


Fakta - Fakta Priyanka Chopra

  • Kedua orangtua Priyanka sama-sama berlatar belakang kedokteran dan kerap berpindah kerja. Maka itu, ia menjadi sering ke beberapa lokasi di India seperti Delhi dan Mumbai.
  • Usianya baru menginjak 18 tahun ketika memenangkan kontes kecantikan Femina Miss India tahun 2000.
  • Ia sempat mengikuti dan memenangkan kontes kecantikan “May Queen” sehabis menyelesaikan bangku SMAnya.
  • Warna yang paling digemarinya adalah merah.
  • Banyak yang mengira bahwa akting debutnya pada film “The Hero: Love Story Of A Spy”. Padahal, film perdananya adalah “Thamizhan”.
  • Seorang aktor India terkenal, Abhishek Bachchan memberikan nama panggilan “Piggy Chops” selama keduanya syuting dalam film Bluffmaster.
  • Barbie Handa, Meera Chopra dan Parineeti Chopra adalah saudara sepupunya yang merupakan juga seorang aktris bollywood.
  • Dalam filmnya “What’s Your Raashee?” ia berhasil memainkan sebanyak 12 karakter yang merupakan keseluruhan dari bintang zodiak.
  • Aktris bintang film “Thamizhan” ini sangat menyukai dunia teknologi dan kerap mengoleksi beragam macam kamera.
  • Mrupakan aktris India pertama yang memberikan jejak kakinya pada museum Salvatore Ferragamo di Italia.
  • Di tahun 2006, dirinya sempat terpilih menjadi pemeran untuk film “Umrao Jaan”, namun karena jadwalnya padat, maka dirinya digantikan oleh Aishwarya Rai Bachchan.
  • Priyanka sangat menyukai dunia kuliner dan beberapa makanan yang disukainya adalah ayam biryani, biskuit bourbon, burger, dan kue red velvet.
  • Untuk film bollywood, ia menyukai “Dilwale Dulhabia Le Jayenge Mujhse Shaadi Karogi”, sedangkan untuk film hollywoodnya favoritnya adalah “Jerry Maguire”, “Pretty Woman”, dan “Walk in the Clouds”.
  • Memori masa kecil yang tidak terlupakannya adalah pada saat bermain di lembah Leh, sebuah gurun dingin yang terletak diantara daerah Jammu dan Kashmir.
  • Saat berakting dalam filmnya “Do Me A Favor Let’s Play Holi”, ia sempat mengalami kecelakaan yang menyebabkan dirinya kesetrum sampai-sampai harus dilarikan ke rumah sakit.



Galeri Foto Priyanka Chopra



Load comments
Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia