Biodata Arafah Rianti, Biografi, Profil Lengkap, Umur dan Agama

Biodata Arafah Rianti, Biografi, Profil Lengkap, Umur dan Agama


Arafah Rianti lahir di Kota Depok pada tanggal 2 September 1997. Wanita umur 23 tahun ini adalah seorang pelawak tunggal dan aktris berkebangsaan Indonesia.


Arafah adalah salah satu finalis Stand Up Comedy Academy season kedua (SUCA 2) yang diadakan oleh salah satu stasiun TV Indosiar. Finalis perempuan yang mengikuti SUCA 2 hanyalah ia dengan Aulia Istiqomah dan Aci Resti.


Arafah dikenal dengan wajahnya yang cantik, berhijab, bersuara unik, dan materinya yang absurd ketika ber stand up comedy. Materinya sulit untuk dicerna secara logis karena imajinasinya yang liar dan tinggi namun tetap mengundang tawa dari para penonton yang menyaksikannya. Ini membuatnya dikenal sebagai komika perempuan pertama yang absurd di Indonesia.


Meskipun baru memulai ber stand up comedy di awal 2016, Arafah tampil konsisten dan mengejutkan sepanjang kompetisi SUCA 2 hingga berhasil mencapai babak grand final dan meraih posisi runner up.


Untuk itu berikut biodata dan profil dari Arafah Rianti.


Biodata Arafah Rianti

Nama Lengkap : Arafah Rianti
Nama Panggung : Arafah Rianti
Nama Panggilan : Arafah, Arafah Depok, Arafah SUCA 2
Tempat Lahir : Depok, Jawa Barat
Tanggal Lahir : Selasa, 2 September 1997
Agama : Islam
Kewarganegaraan : Indonesia
Profesi : Aktris, Pelawak Tunggal
Tahun Aktif : 2016 - Sekarang
Pendidikan : Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Pasangan : -
Ayah : -
Ibu : -
Sosial Media : - Instagram : @arafahrianti
- Twitter : @arafahrianti02
Channel YouTube : Arafah Rianti


Karier Arafah Rianti



Arafah Rianti merupakan anak kedua dari tiga bersaudara, mempunyai seorang kakak laki-laki dan seorang adik perempuan. Arafah saat ini tercatat sebagai mahasiswa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, jurusan Manajemen Pendidikan.


Awalnya ia mulai ber-stand up comedy karena sering menyaksikan acara stand up comedy terutama dari Raditya Dika dan Indra Frimawan yang menjadi inspiratornya. Arafah yang pada dasarnya polos dan pemalu ini pun penasaran karena ia yang jarang berbicara dengan orang banyak ingin mencoba mengungkapkan apa yang ia rasakan kepada orang-orang sekitarnya, jadi ia memilih stand up comedy.


Arafah memulai open mic pertama di kampusnya yang juga memiliki komunitas karena penasaran, tetapi hasilnya tidak terlalu lucu. Selanjutnya ia pun mulai terus mencoba dan ikut pula bergabung dengan Stand Up Indo Depok, komunitas yang terkenal dengan komika-komika nya yang absurd. Dari sinilah kemudian Arafah mengikuti kompetisi-kompetisi kecil stand up comedy, bahkan sempat memenangkan beberapa diantaranya.


Puncaknya, Arafah mengikuti audisi Stand Up Comedy Academy season kedua (SUCA 2) di Jakarta dan berhasil lolos sebagai salah satu dari 42 finalis SUCA 2.


Di kompetisi SUCA 2, Arafah dikenal sebagai kontestan wanita dengan wajahnya yang cantik, berhijab, bersuara unik, dan materinya yang absurd ketika ber stand up comedy. Pada awalnya Arafah hanya dikenal dengan suaranya yang unik yang dapat mengundang tawa, sementara materi komedinya tidak seimbang dengan hal tersebut. Namun Arafah mematahkan anggapan tersebut dengan terus tampil konsisten.


Dengan dimentori oleh Mo Sidik, Arafah belajar, berlatih, hingga mampu bersaing dengan kontestan lain yang unggul pengalaman lebih jauh darinya. Arafah banyak menceritakan sisi lain kehidupannya ketika ber stand up comedy, mulai dari sebagai penjaga rental PS, hingga kegiatan sehari-harinya dengan gaya yang absurd.


Ke-absurd-annya ini juga menjadi salah satu catatan tersendiri karena di setiap show, ada saja keunikan dan kekocakan lain yang ia timbulkan. Seperti ia dan beberapa teman kuliahnya membuat sebuah geng yang diberi nama Smart Girl, lalu ia yang diam-diam menyukai Raditya Dika yang juga menjadi juri, dan pertemuannya dengan sang idola, Indra Frimawan ketika di panggung dan membuat seisi studio tertawa karena cara pemikiran mereka berdua yang mirip.


Meskipun konsisten, Arafah beberapa kali pernah menurun penampilannya, tetapi segera ia bayar dengan penampilan yang lebih baik setelahnya hingga akhirnya ia mencapai babak grand final bersama Aci Resti dan Hernawan Yoga hingga akhirnya ia menjadi runner up SUCA 2. Prestasi ini termasuk fenomenal karena di usianya yang masih terbilang muda dan belum benyak pengalaman, Arafah telah menunjukkan bahwa ia bisa meraih prestasi dengan level tertinggi di stand up comedy.


Karakter Lawakan Arafah

Sama seperti komika asal Depok kebanyakan dan gaya komedi sang idola, Indra Frimawan, Arafah membawakan gaya komedi yang absurd. Imajinasinya yang liar dan tinggi mampu ia rangkai menjadi sebuah hingga beberapa jokes yang mungkin tidak semua bisa dimengerti namun tetap membuat orang tertawa. Didukung dengan suaranya yang unik dan logatnya yang terdengar polos, materinya ini pun sampai kepada para penonton dengan sukses mengundang tawa yang pecah.


Beberapa juri SUCA 2 seperti Ernest Prakasa hingga Raditya Dika menyatakan bahwa tingkat ke-absurd-an materi Arafah mampu melebihi komika-komika dengan tipe yang sama sebelumnya. Ditambahkan pula oleh sang mentor Mo Sidik, plus dengan umurnya yang masih muda bukan tidak mungkin bahwa Arafah akan menjadi salah satu komika idola yang sukses ke depannya.


Contoh lawakan yang dibawakan Arafah:

“Waktu itu gua ke warung kan, gua beli permen kaki. Permennya gua makan kakinya gua sepatuin”.


Contoh lain lawakan Arafah:

“Habis nyuci, gue jemur kain nih. Gue jemur jatuh, Gue jemur jatuh, eehhh...TALI JEMURANNYA BELUM DIPASANG.”


Acara Televisi Arafah

  • Stand Up Comedy Academy (Indosiar, 2016) sebagai runner-up
  • Ini Talkshow (NET., 2018-2019) sebagai Arafah
  • Gank Prank (Trans TV, 2019)
  • Semarak Indosiar 2021 (Indosiar, 2021)


Film yang di Bintangi Arafah

  • Cek Toko Sebelah (2016) sebagai Tini
  • Generasi Kocak: 90an Vs Komika (2017) sebagai Susi
  • Suami untuk Mak (2017) sebagai Pelayan Kantin
  • Flight 555 (2018) sebagai Petugas Check-In 1
  • Lima Penjuru Masjid (2018) sebagai Jumin
  • D.O.A.: Cari Jodoh (2018) sebagai Staf Kantor Kecamatan
  • Gila Lu Ndro! (2018) sebagai Pengarah Peran
  • Milly & Mamet: Ini Bukan Cinta & Rangga (2018) sebagai Sari
  • 100% Halal (2020) sebagai Aurel
  • Ghibah (2021) sebagai Ulfa


Sinetron yang diperankan Arafah

  • Nongkrong di Warung Kopi (2016) sebagai Arafah
  • 3 Jolay (2017) sebagai Azizah
  • Montir-Montir Syantik (2019) sebagai Ipeh
  • Pesantren Rock n’ Dut (2020) sebagai Farida
  • Kun Anta Mendadak Santri (2021) sebagai Yuyun


FTV Arafah

  • Maju Salah Mundur Makin Salah (2017)
  • Sahabat Sehidup Sejaim (2021)



Galeri Foto Arafah Rianti



Load comments