Biodata Nani Wijaya, Biografi, Profil Lengkap, Agama dan Umur

Biodata Nani Wijaya, Biografi, Profil Lengkap, Agama dan Umur


Sempat dirawat di rumah sakit karena sesak nafas. Nani Wijaya, artis senior Indonesia dikabarkan meninggal pada Kamis, 16 Maret 2023 dini hari. Ia menghembuskan nafas terakhir di usia 78 tahun.


Kabar ini disampaikan langsung oleh anaknya, Cahya Kamila, di Instagram. "Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un, telah bepulang ibunda kami tercinta dengan tenang Ibu Hj. Nani Widjaya. Di RS Fatmawati, 16 Maret 2023, pada pukul 3.28 WIB. Mohon dimaafkan segala kesalahan yang disengaja, maupun tidak disengaja," tulis Cahya Kamila.


Inilah profil Nani Wijaya artis lawas tercantik era 60-an kini dikabarkan meninggal dunia.

Biodata Nani Wijaya

Nama Lengkap : Nani Widjaja
Nama Terkenal : Nani Wijaya
Nama Panggilan : Nani
Tempat Lahir : Cirebon, Jawa Barat
Tanggal Lahir : Selasa, 10 November 1942
Agama : Islam
Kewarganegaraan : Indonesia
Usia : 78 Tahun (2023)
Profesi : Aktris
Tahun Aktif : 1960 - 2023
Pasangan : - Misbach Yusa Biran (m. 1969; wafat 2012)
- Ajip Rosidi (m. 2017; wafat 2020)
Anak : - Sukma Ayu
- Cahya Kamila
- Nina Kartika
- Tita Fitrah Soraya
- Farry Hanief
- Firdausi
Ayah : -
Ibu : -
Saudara : -


Biografi dan Profil Lengkap Nani Wijaya

Dra. Hj. Nani Widjaja (EYD: Nani Wijaya, 10 November 1944 - 16 Maret 2023) adalah Aktris asal Indonesia. Ia merupakan salah satu dari empat anggota Golden Girls bersama Ida Kusumah, Connie Sutedja, dan Rina Hassim.


Nani memiliki 6 anak termasuk Cahya Kamila dan Sukma Ayu. Keduanya mengikuti jejak sang ibu untuk terjun ke dunia hiburan Indonesia. Sukma Ayu dikenal dalam sinetron Kecil-Kecil Jadi Manten (2002-2004). Sayangnya, Sukma Ayu sudah berpulang lebih dulu pada 25 September 2004.


Nani Wijaya menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati, Jakarta Selatan, pada tanggal 16 Maret 2023 pukul 03.28 WIB. Sebelum menghembuskan nafas terakhir, diketahui Nani Wijaya mengidap penyakit demensia.


Perjalanan Karier Nani Wijaya

Nani Wijaya dikenal sebagai artis senior yang sudah berkarier di dunia akting sejak 1960. Ia debut berakting melalui film bertajuk Darah Tinggi (1960). Setahun kemudian, dirinya berhasil mendapatkan peran utama dalam film Di Balik Dinding Sekolah (1961).


Sepanjang tahun 1962 hingga 1968, ia lebih banyak mendapatkan peran pembantu dalam film A Sing Sing So, Njanjian di Lereng Dieng, Petir Sepandjang Malam (1967). Kemampuan beraktingnya kemudian kian melambung setelah ia mendapatkan penghargaan sebagai Pemeran Pendukung Wanita Terbaik dalam helatan Festival Film Indonesia tahun 1978 lewat film Yang Muda Yang Bercinta.


Atas dedikasinya di dunia hiburan Indonesia khususnya seni peran, Nani Wijaya mendapatkan penghargaan sebagai Lifetime Achievement Award di Festival Film Bandung pada 2010.


Dikenal Sebagai Emak Eti

Nama Nani Wijaya semakin dikenal hingga mendapatkan apresiasi luas setelah memerankan karakter Emak Eti di sitkom Bajaj Bajuri yang tayang pada 2002-2007. Selain Bajaj Bajuri, ia juga mengambil peran di serial televisi Si Cecep dan Tukang Bubur Naik Haji.


Anggota Golden Girls

Nani merupakan salah satu dari empat anggota Golden Girls bersama mendiang Ida Kusumah, Connie Sutedja, dan Rina Hassim. Golden Girls adalah sebutan untuk aktris-aktris senior yang sama-sama terjun ke dunia entertainment guna saling mendukung satu sama lain.


Kedekatan mereka pun dinilai cukup erat karena bertahan hingga puluhan tahun. Hingga tibalah pada 25 November 2010 Ida Kusumah meninggal. Kemudian dilanjutkan oleh Nani Wijaya yang meninggal pada 16 Maret 2023.


Penghargaan yang diperoleh Nani Wijaya

  • Festival Film Indonesia tahun 1978 kategori Pemeran Pendukung Wanita Terbaik
  • Festival Film Indonesia tahun 1983 kategori Pemeran Pendukung Wanita Terbaik
  • Festival Film Bandung tahun 2010 kategori Lifetime Achievement Award
  • Indonesia Movie Actors Awards 2021 kategori Lifetime Achievement Award
  • Indonesia Drama Series Awards 2022 kategori Lifetime Achievement Award


Nani Wijaya dikabarkan Meninggal Dunia

Pada 1 Maret 2023, Nani sempat dilarikan ke rumah sakit karena mengalami sesak napas, diduga karena sakit paru-paru. Setelah mendapatkan perawatan, Nani Wijaya menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati, Jakarta Selatan, pada tanggal 16 Maret 2023 pukul 03.28 WIB. Sebelum menghembuskan nafas terakhir, diketahui Nani Wijaya mengidap penyakit demensia.


Itulah profil Nani Wijaya, artis senior Indonesia yang patut dikenang. Semoga keluarga yang ditinggalkan juga diberikan kekuatan, ya.

Load comments