Biodata dan Profil Afgan Syahreza

Biodata dan Profil Afgan Syahreza


Siapa yang tidak kenal dengan penyanyi ganteng satu ini? Ya, Afgan Syahreza.


Afgan Syahreza memang tak diragukan lagi dalam melantunkan lagu-lagu RnB hingga Jazz dengan Indah. Berawal dari "Terima Kasih Cinta", solois yang kini berusia 31 tahun ini buktikan eksistensinya di dunia hiburan Tanah Air hingga kini.


Identik dengan lesung pipi dan kaca mata, Afgan Syahreza tak ada habisnya memperkenalkan karya-karya indah kepada para penikmat musik Tanah Air.


Mengawali karir sejak 2008, kini Afgan Syahreza sudah menembus pasar internasional dengan berkolaborasi bareng artis Kpop Jackson Wang.


Berikut biodata artis Afgan Syahreza beserta perjalanan karirnya berdasarkan data yang berhasil dihimpun melalui dunia digital berikut ini.


Biodata Artis Afgan Syahreza


Nama Lengkap : Afgan Syahreza
Nama Panggilan : Afgan
Tempat Lahir : Jakarta, Indonesia
Tanggal Lahir : Sabtu, 27 Mei 1989
Agama : Islam
Profesi : Penyanyi, Aktor
Tahun Aktif : 2008 - Sekarang
Pasangan : -
Ayah : Loyd Yahya
Ibu : Lola Purnama
Sosial Media : Instagram : @afgansyah.reza


Profil Afgan Syahreza

Afgan Syahreza atau yang lebih dikenal sebagai Afgan ini lahir di Jakarta, 27 Mei 1989. Ia merupakan penyanyi dan aktor berkebangsaan Indonesia yang berasal dari Suku Minangkabau.


Anak kedua dari empat bersaudara pasangan Lola Purnama dan Loyd Yahya ini merilis debut albumnya berjudul Confession No.1 di bulan Januari 2008. Album yang diisi dengan 13 lagu ini kental terasa dipengaruhi pop, soul, R&B, dan jazz, serta mengandalkan lagu "Terima Kasih Cinta".


Kehidupan pribadi Afgan

Afgan pernah digosipkan berpacaran dengan Thalita Latief, Agnes Monica, Mirasih Tyas Endah, Eva Celia, Arumi Bachsin dan Olivia Lubis Jensen. Ia pernah mempunyai kekasih yang merupakan seorang dokter bernama Arleen Rainamira Adiningrat.


Afgan juga sempat digosipkan berpacaran dengan artis Rossa dan Raisa, dan ia sempat menjalin hubungan dengan Maudy Ayunda.


Riwayat Pendidikan Afgan

  • SD Islam Sudirman (1995-2001)
  • SLTP Islam Sudirman (2001-2004)
  • SMAN 34 Jakarta (2004-2007)
  • Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (2007-2008)
  • Monash University Malaysia (2011-2013)


Kehidupan Awal Afgan

Afgan lahir di Jakarta pada 27 Mei 1989, merupakan anak kedua dari empat bersaudara pasangan dokter Lola Purnama Dewi dan Loyd Yahya. la dinamai Afgan oleh ayahnya karena pada saat ia lahir, Afganistan sedang dilanda peperangan. 


Afgan adalah kependekan dari Afganistan. Mulanya nama aslinya adalah “Afganistan” dan sudah masuk di akte namun kemudian diganti menjadi Afgan Syahreza karena ayahnya khawatir jika anaknya dicekal dan susah ke luar negeri.


Afgan dibesarkan di tengah keluarga yang suka menikmati musik. Bahkan Afgan sejak di bangku sekolah menengah sudah sering didaulat untuk menyanyi meskipun selalu ditampiknya karena malu.


Suka bermusik sejak kecil

Putra pasangan Lola Purnama dan Loyd Yahya ini memang dibesarkan dari keluarga yang suka menikmati musik.


Meski punya perawakan pemalu, Afgan sejak SMA sudah sering didapuk menjadi penyanyi dalam beberapa event. Pernah berniat membuat album CD untuk koleksi pribadi, Afgan sukses mencuri perhatian Produser WannaB Music Production saat melakukan rekaman.



Meski sempat ragu akhirnya pria yang disebut-sebut dekat dengan Rossa ini pun berhasil memasuki dapur rekaman dan merilis album.


Rilis "Terima Kasih Cinta" yang sukses dipasaran

Pada tahun 2008, Afgan merilis album pertamanya yang bertajuk "Confession No.1." Album ini menampilkan lagu "Terima Kasih Cinta" uyang sangat sukses di pasaran bahkan hingga saat ini.


Gandeng Thalita Latief sebagai model video klip, Afgan mengawali kariernya dengan sangat baik hingga mengeluarkan album keduanya yang bertajuk "The One" pada tahun 2010.


Album tersebut berisi 12 lagu termaksud "Padamu Ku Bersujud" yang menandai debutnya dalam menyanyikan Soundtrack film, Cinta 2 Hati.


Afgan sebagai penyanyi pria solo terbaik

Setahun setelah Terima Kasih Cinta rilis,  Afgan berhasil meraih penghargaan sebagai Penyanyi Pria Solo Terbaik pada tahun 2009.



Sebelumnya, dia bahkan sudah menyandang Most Favorite Male Artist di MTV Indonesia Awards pada tahun 2008.


Sejak album pertamanya rilis, Afgan tak ada hentinya menerima penghargaan sebagai solois terbaik Tanah Air setiap tahunnya. Wah, keren banget ya!


Lengkap sudah saya memberikan informasi seputar biodata dan profil Afgan Syahreza. Jika ada saran ataupun yang ingin disampaikan jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar yang ada di bawah postingan ini. Semoga bermanfaat untuk sahabat semua, kurang lebihnya mohon maaf dan terima kasih.

Load comments