Sejarah No Bra Day yang diperingati Setiap tanggal 13 Oktober

Sejarah No Bra Day yang diperingati Setiap tanggal 13 Oktober


Setiap tanggal 13 Oktober masyarakat memperingati Hari Tanpa Bra atau No Bra Day. Peringatan ini bukan gerakan vulgar, tetapi bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya kanker payudara yang dapat menyerang laki-laki dan perempuan.


No Bra Day diperingati di Bulan Peduli Kanker juga mengingatkan masyarakat bahwa kanker payudara adalah penyakit yang berpotensi fatal, tetapi juga salah satu bentuk kanker yang paling dapat dicegah.


Agar lebih mengenal hari yang penting ini, berikut sejarah dan fakta Hari Tanpa Bra Sedunia yang dilansir dari Kompas.com.


Sejarah No Bra Day

No Bra Day (Hari Tanpa Bra) adalah salah satu peringatan untuk Bulan Peduli Kanker Payudara Sedunia yang juga jatuh setiap bulan Oktober.


Jarang diketahui, ternyata Hari Tanpa Bra sudah dimulai sejak 2011 dan sebagian besar digaungkan melalui media sosial. Sejumlah perempuan di sosial media mengunggah tulisan atau foto dengan menggunakan tagar #nobraday sebagai bentuk kampanye.


Tujuan Hari Tanpa Bra adalah untuk meningkatkan kesadaran dan mendorong perempuan untuk melakukan pemeriksaan diri dan skrining. Hari Tanpa Bra juga mendorong perempuan untuk mengetahui tanda-tanda kanker payudara untuk mencegahnya.


Tidak hanya hari ini, Hari Tanpa Bra sebelumnya juga dirayakan pada tanggal 9 Juli dan 19 oktober 2011. Tanggal tersebut diresmikan di Toronto, Kanada dan mulanya diberi judul "Hari BRA (Rekonstruksi Payudara - Acara Belajar dan Berbagi)" oleh Dr Mithcell Brown.


Dr Mitchell Brown memiliki tujuan untuk mendorong perempuan melakukan pemeriksaan dini. Pada Juli di tahun yang sama, perempuan bernama samaran Anastasia Donuts menyusun Hari Tanpa Bra Nasional.


Ia ingin meningkatkan kesadaran tentang kanker payudara dengan sebuah situs untuk mengampanyekannya. Tiga tahun kemudian, dua hari itu digabungkan dan diperingati pada 13 Oktober di Bulan Peduli Kanker Payudara.


Cara merayakan No Bra Day

Jika Anda ingin berbuat lebih banyak untuk diri sendiri dan orang lain, ada beberapa hal yang bisa dilakukan.


1. Pergi ke dokter dan jadwalkan pemeriksaan payudara

Masih dari Days of the Year, pemeriksaan dini terkait kanker payudara sangat penting. Jika teridentifikasi maka akan berpeluang sembuh lebih besar dan tanpa bekas luka. Dorong teman Anda untuk melakukan hal yang sama.


2. Bagikan informasi tentang kanker payudara di media sosial

Kekuatan media sosial saat ini sangat besar untuk membuat perubahan. Anda bisa mengunggah informasi terkait ciri-ciri kanker payudara, cara mengobati payudara, atau pengalaman sembuh dari kanker payudara.


3. Galang dana untuk penderita kanker payudara

Ada banyak penderita kanker payudara yang membutuhkan uluran tangan Anda. Anda bisa memberikan sumbangan pada badan amal kanker. Bisa juga dengan membuat acara galang dana di daerah Anda atau menjual sesuatu dan menyisihkan sebagian untuk membantu mereka.


Fakta No Bra Day

Berikut ini beberapa fakta mengenai No Bra Day (Hari Tanpa Bra)


1. Bertujuan untuk edukasi

Hari Tanpa Bra diciptakan sebagai ajakan bagi perempuan untuk melakukan pemeriksaan dini demi mencegah kanker payudara. Berdirinya hari ini juga untuk mendidik perempuan tentang pilihan untuk menjalani masektomi atau pengangkatan payudara.


Pada 2014, Hari Tanpa Bra mulai diperingati di 30 negara di seluruh dunia. Pada Hari Tanpa Bra, mereka yang terkena kanker payudara dapat menghadiri acara peringatan. Mereka bisa melakukan tanya jawab dengan ahli terkemuka serta saling berbagi kisah inspiratif.


2. Kampanye tagar #NoBraDay

Di media sosial, tagar #NoBraDay selalu digaungkan setiap tanggal 13 Oktober. Banyak influencer dan penyintas kanker payudara juga menggunakan kesempatan ini untuk mengunggah kisah tentang pengangkatan payudara. 


Mereka juga ikut mengajak para perempuan menjadwalkan diri mengikuti mammogram atau pemeriksaan kanker payudara. Banyak juga figur publik yang memilih untuk mengadakan penggalangan dana untuk para pejuang kanker payudara.


Kawan - kawan juga dapat ikut mengunggah pendapatmu atau kampanye dengan tagar #NoBraDay di media sosialmu.


3. Tidak ada kampanye foto vulgar

Hari Tanpa Bra Sedunia sering disalah artikan oleh netizen di media sosial. Pada hari yang penting ini, tidak ada kampanye mengunggah foto vulgar seperti payudara untuk tujuan tertentu.


Pada hari ini, perempuan di seluruh dunia juga kembali diingatkan untuk mewaspadai modus kekerasan seksual siber yang sering terjadi.


Kawan - kawan harus hati-hati jika ada seseorang meminta foto payudara kamu dengan alibi Hari Tanpa Bra.


Pastikan kamu mengetahui dan mengedukasi lingkungan sekitarmu tentang maksud dan tujuan dari Hari Tanpa Bra ini.


Yuk kita rayakan dengan pemeriksaan diri dan deteksi dini untuk pencegahan kanker payudara.

Load comments
Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia