Biodata dan Profil Raffi Ahmad

Biodata dan Profil Raffi Ahmad


Raffi Farid Ahmad atau lebih dikenal sebagai Raffi Ahmad adalah pembawa acara, pemeran, produser, pengusaha, dan penyanyi kelahiran Bandung, 17 Februari 1987. Raffi merupakan anak sulung dari almarhum Munawar Ahmad dengan Amy Qanita.


Raffi Ahmad mulai terjun ke dalam dunia hiburan sejak tahun 2002 lewat sinetron bertajuk Tunjuk Satu Bintang yang dibintangi oleh sejumlah artis terkenal lainnya. Mulai dari sana Raffi meningkatkan kariernya sebagai seorang bintang iklan dan penyanyi dalam grup vokal Bukan Bintang Biasa (BBB).


Nama Raffi kemudian dikenal luas sebagai presenter program Dahsyat di RCTI sejak tahun 2009, menghantarkannya meraih sejumlah penghargaan seperti Panasonic Gobel Awards dan Indonesian Television Awards.


Pada 2014, Raffi resmi menikahi aktris Nagita Slavina. Pernikahan keduanya disebut sebagai pesta pernikahan selebritis termewah pada tahun 2014. Pernikahan tersebut disiarkan secara langsung selama 2 hari berturut-turut di salah satu televisi nasional Indonesia. Setahun kemudian Raffi dan Nagita dikaruniai seorang putra yang diberi nama Rafathar Malik Ahmad.


Raffi Ahmad termasuk ke dalam jajaran artis terkaya di Indonesia pada tahun 2019. Raffi bersama Nagita juga mengelola saluran Youtube-nya, RANS Entertainment dengan jumlah pengikut yang mencapai 16,9 juta pada bulan Agustus 2020. Kanal RANS Entertainment tersebut meraih rekor atas pencapaian Siaran Langsung Acara Keluarga Dengan Penonton Terbanyak dan Siaran Langsung Acara Keluarga melalui Youtube dan Facebook Terlama dari Museum Rekor Indonesia.


Biodata dan Profil Raffi Ahmad

Nama Lengkap : Raffi Farid Ahmad
Nama Terkenal : Raffi Ahmad, Sultan Andara
Nama Panggilan : Raffi
Tempat Lahir : Bandung, Jawa Barat
Tanggal Lahir : Selasa, 17 Februari 1987
Agama : Islam
Kewarganegaraan : Indonesia
Profesi : Aktor, Presenter, Penyanyi, Pengusaha, Youtuber
Tahun Aktif : 2001 - Sekarang
Status : Menikah
Pasangan : Nagita Slavina (2014-Sekarang)
Anak : Rafathar Malik Ahmad
Ayah : Alm. Munawar Ahmad Rahimahullah
Ibu : Amy Qanita
Saudara : - Syahnaz Sadiqah Khan
- Nisya Saadia Ifat Ahmad
Sosial Media : Instagram : @raffinagita1717
Channel YouTube : Rans Entertainment


Biografi Raffi Ahmad



Raffi Ahmad atau yang memiliki nama lengkap Raffi Farid Ahmad ini dilahirkan di Bandung, Jawa Barat pada 17 Februari 1987. Ia merupakan anak sulung dari tiga bersaudara, dari pasangan almarhum Munawar Ahmad dengan Amy Qanita.


Kedua saudaranya bernama Syahnaz Sadiqah dan Nisya Ahmad. Raffi Ahmad pernah mengatakan mengenai silsilah keluarganya bahwa ia dibesarkan dalam sebuah keluarga berdarah Pakistan yang diturunkan dari sang kakek.


Meski Raffi berasal dari Bandung, tapi ia menghabiskan masa sekolahnya di Jakarta. Raffi mengenyam bangku sekolah dasar di SD Taruna Bakti Jakarta lalu lanjut ke sekolah menengah pertama di SMP Negeri 5 Jakarta.


Setelah ia lulus SMP, Raffi Ahmad hampir bersekolah di SMA Negeri 5 Bandung akan tetapi akhirnya ia justru masuk ke SMA Negeri 3 Jakarta. Namun, tak lama kemudian pindah ke SMA Negeri 16 Jakarta. Usai lulus SMA, ia mengenyam bangku kuliah di Universitas Paramadina dan Universitas Terbuka.


Kehidupan Pribadi Raffi Ahmad

Pada tanggal 17 Oktober 2014, Raffi resmi mempersunting aktris Nagita Slavina. Saat itu pernikahan keduanya mampu menyedot perhatian publik karena disiarkan secara langsung di salah satu televisi nasional Indonesia.


Pada tanggal 15 Agustus 2015, Raffi dan Nagita dikaruniai seorang bayi laki-laki yang diberi nama Rafathar Malik Ahmad.


Karier Raffi Ahmad

Raffi memulai kariernya saat ia masih menduduki bangku SMP mulai dari mengikuti syuting sinetron, film, FTV atau bahkan layar lebar. Berawal dari menjadi pemeran pendukung di sinetron pertamanya, Tunjuk Satu Bintang (2002), Raffi baru melejit dalam Senandung Masa Puber di saat sebagai pemeran utama bersama Bunga Citra Lestari.


Setelah itu, Raffi terus-menerus muncul di sinetron-sinetron dan FTV remaja bahkan film layar lebar, salah satunya film berjudul Love Is Cinta. Akting apik Raffi di film yang juga dibintangi oleh Acha Septriasa dan Irwansyah ini mendapatkan pujian dari kritikus film.


Pada akhir 2006, musisi Melly Goeslaw mengadakan casting untuk grup vokal Bukan Bintang Biasa, yang lebih dikenal dengan sebutan BBB. Proyek ini dikhususkan untuk pemain sinetron remaja Indonesia. Dari sekian banyak pesinetron yang audisi, akhirnya terpilihlah Raffi bersama dengan Laudya Cynthia Bella, Chelsea Olivia Wijaya, Dimas Beck dan Ayushita.



Single pertama mereka, Let's Dance Together diterima baik di pasaran. BBB kemudian membintangi film berjudul Bukan Bintang Biasa the Movie yang disutradarai oleh Lasja Fauzia. BBB kembali dengan singel baru berjudul Bukan Bintang Biasa yang sangat digemari remaja. Duet Raffi dengan Ayushita dalam lagu Jangan Bilang Tidak dijadikan singel selanjutnya.


Pada tahun 2008, karier akting Raffi semakin bersinar. Ia tampil di film besutan Rudi Soedjarwo bertajuk Liar dan Asoy Geboy. Kemudian, namanya makin melambung ketika ia membawakan program musik Dahsyat bersama dua artis multi-talenta Luna Maya dan Olga Syahputra. Di penghujung tahun, Raffi bersama BBB meluncurkan single baru berjudul Putus Nyambung dan ternyata mendapatkan respon bagus di pasaran. Ini sekaligus menepis anggapan bahwa BBB hanya grup vokal sesaat.


Pada tahun 2009, Raffi yang disebut-sebut sebagai salah satu artis terlaris saat ini berkat program Dahsyat makin memantapkan diri di bidang presenter televisi. Selain Dahsyat, Raffi juga hadir dalam dua program baru Raffi Wkwkwk dan OMG yang kembali memasangkannya dengan Olga Syahputra. Namun Raffi juga tetap eksis di dunia akting.


Bermain di beberapa judul FTV, sinetron Buku Harian Baim hingga sitkom OKB juga dijalaninya hingga saat ini. Selain itu, Raffi juga kembali dengan single terbaru Johan (Jodoh Di Tangan Tuhan) saat berduet dengan Laudya Chintya Bella.


Selain kariernya yang cemerlang, Raffi tidak lepas dari berita asmaranya dengan rekan sesama artis. Mulai dari Laudya Chintya Bella, Bunga Zainal, Ratna Galih, Tyas Mirasih, Velove Vexia, hingga Yuni Shara.


Raffi juga mulai menjajal peruntungan di dunia penyutradaraan dengan menggarap sebuah film pendek berjudul Barbie. Film berdurasi 10 menit ini akhirnya diganjar penghargaan Best Movie di malam penghargaan LA Lights Indie Movie 2011.


Di penghujung tahun 2011, Raffi kembali dengan film terbaru berjudul Pocong Kesetanan yang bergenre horor/komedi. Eksistensi dan produktivitas Raffi dalam menghasilkan karya baik dari program tv, sinetron, FTV, film layar lebar, iklan dan beberapa bisnis yang dikelola Raffi, salah satunya rumah produksi Barometer Lite, membuat salah satu tabloid ternama di Indonesia menempatkan nama Raffi pada posisi ke 4 dari 9 artis Indonesia terkaya 2011.


Pada tanggal 28 Agustus 2014, Raffi membintangi film Olga & Billy Lost in Singapore bersama Olga Syahputra, Billy Syahputra, Tarra Budiman, Chand Kelvin, dan adik Raffi, Syahnaz Sadiqah. Dalam film ini, ia tampil secara khusus.


Pada tanggal 4 Mei 2015, Raffi merilis album baru, Kamulah Takdirku, dan single utama di album baru tersebut, "Kamulah Takdirku". Album ini banyak berkolaborasi dengan istrinya, Nagita Slavina dan albumnya hanya terjual di semua gerai KFC di Indonesia.


Load comments